Taman Margasatwa Ragunan (Taman Binatang Di Jakarta)

Taman Margasatwa Ragunan di daerah Pasar Minggu, seputar 20 km dari pusat kota Jakarta, Ia ada di ketinggian 50 m diatas permukaan laut dengan curah hujan 2300 mm, suhu 27 ° C serta kelembaban 60 Persen. Taman Margasatwa Ragunan berdiri diatas tanah latosol merah seluas 147 ha.

Taman Margasatwa Ragunan

zoo

Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September th. 1864 di Batavia (saat ini Jakarta) dengan nama “ Planten en Dierentuin “ ini pertama kali di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora serta Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia). Taman ini berdiri diatas tempat seluas 10 ha di Jalan Cikini Raya No 73 yang di hibahkan oleh Raden Saleh, pelukis terkenal di Indonesia.

Sesudah Indonesia Merdeka, pada th. 1949 namanya di ganti jadi Kebun Binatang Cikini. Dengan perubahan Jakarta, Cikini jadi tak pas lagi untuk peragaan satwa. Pada th. 1964. Pada saat Gubernur DCI Jakarta Dr. Soemarno dibentuk Tubuh Persiapan Proses Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drh. T. H. E. W. Umboh., Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan tempat seluas 30 ha di Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu. Jaraknya kurang lebih 20 Km dari pusat kota. Kepindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa kian lebih 450 ekor satwa yang disebut bekas koleksi paling akhir dari Kebun Binatang Cikini.

ragunan

Kebun Binatang Ragunan di buka dengan cara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI (Daerah Spesial Ibukota) Jakarta Mayor Jenderal Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Pada th. 1974 Taman Margasatwa Ragunan di pimpin oleh Benjamin Galstaun direktur pertama saat itu. Pada th. 1983 beralih namanya jadi Tubuh Pengelola Kebun Binatang Ragunan. Pada th. 2001 beralih lagi jadi Kantor Taman Margasatwa Ragunan serta paling akhir pada th. 2009 beralih jadi UPT (Unit Service Tehnis) Taman Margasatwa Ragunan. Pada th. 2010 namanya beralih jadi BLUD ( Tubuh Service Umum Daerah) Taman Margasatwa Ragunan. Waktu ini luas Taman Margasatwa Ragunan meraih 147 Ha dengan koleksi satwa 2101 ekor satwa dari 220 spesies.