Taman Narmada Lombok

Narmada yaitu suatu kecamatan di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Narmada terdapat 10 kilometer di samping timur kota Mataram. Kota ini populer dengan julukan kota ” Air “. Hal semacam ini didasarkan pada kenyataan bahwasanya Narmada memiliki banyak mata air. Mata air datang dari simpanan air hutan di daerah Narmada yang terdapat di Suranadi serta Sesaot.

Narmada-08

Moto kota Narmada juga ” AIR ” yang merupakan singkatan dari ” Aman, Indah, Rapi ”

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memanglah merupakan satu diantara pulau yang mempunyai banyak tempat wisata alam, dimulai dari pantai, taman, budaya, gunung serta termasuk wisata taman narmada lombok yang populer dengan keindahan taman dan kolamnya. Taman Narmada ini terdapat di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Tengah, letaknya sekitar 10 km. dari Kota Mataram serta menghidangkan panorama yang demikian menarik, bila dipandang Taman Narmada ini mempunyai kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung Karangasem yang ada di Bali.

Benar saja, nyatanya Taman Narmada ini dulunya didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang disebut Raja Kerajaan Karangasem, tidak heran bila bangunan serta kolamnya mempunyai kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Bali. Raja Anak Agung Ngurah Karangasem membangun taman narmada ini dengan mempunyai tujuan untuk melakukan upacara Pakelem, sebuah upacara yang dilakukan waktu bulan purnama ke lima ditahun caka atau dalam bulan masehi yakni bulan Oktober – November.

Wisata Taman Narmada Lombok ini terbagi dalam taman, kolam, dan juga mata air yang memang asli datang dari gunung rinjani, orang-orang menamai mata air itu untuk mata air awet muda. Taman Narmada ini juga dulunya dipakai untuk tempat beristirahat oleh beberapa keluarga kerajaan, lantaran memanglah udara di Taman ini sejuk, serta fresh mengingat cuaca di lombok cukup panas. Untuk itu juga didirikan sebagian ‘sekepat’ di Taman Narmada ini.

taman-narmada

Nah, bicara tentang ticket Wisata Taman Narmada Lombok ini memanglah cukup murah, untuk beberapa wisatawan lokal cuma membayar sebesar 4000 rupiah saja, serta untuk wisatawan asing bakal dikenai harga Rp. 10. 000. Nah lantaran tiketnya yang murah, maka tidak heran bila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Narmada Lombok   ini.