Taman Nasional Betung Kerihun di Kalimantan Barat

Taman Nasional Betung Kerihun Kalimantan Barat РMerupakan salah satu di antara banyak  kawasan taman nasional di Indonesia yang menyimpan berjuta potensi wisata  yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat dengan total area 800.000 hektar atau sekitar 5,5 % dari luas total daratan Provinsi Kalimanatan Barat. Dari luasnya bisa Anda bayangkan apa saja yang dapatanda temui di sana.

17

Hutan Hujan Tropis tedapat di Taman Nasional Betung Kerihun dengan luasan 800.000 Ha. Karena Taman Nasional Betung Kerihun mengelola luasan hutan tersebut sehingga di tetapkan sebagai Balai Besar yang berada di kawasan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat

18
Air terjun banyak di temui daerah aliran sungai di kawasan taman nasional betung kerihun, Salahsatunya air terjun ini yang mempunyai daya tarik eksotis sehingga dapat di jadikan daerah tujuan wisata bagi para pelancong yang sudah merasa jenuh dengan kehidupan perkotaan yang padat.

Taman Nasional Betung Kerihun memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Terdapat delapan tipe ekosistem hutan, 1.216 jenis flora dan jenis-jenis fauna yang terdiri dari 48 jenis mamalia, 7 jenis primata, 301 jenis burung, 103 jenis dari golongan herpetofauna, 112 jenis ikan serta berbagai jenis serangga yang telah teridentifikasi sebanyak 170 jenis. Beberapa dari jenis-jenis tersebut merupakan jenis-jenis yang endemik, langka dan dilindungi seperti pisang hutan (Musa lawittiensis) nasution & supardiyono spec. nova, anggrek hitam (Coelogyne pandurata), orangutan (Pongo pygmaeus) dan kupu-kupu raja brook (Trigonoptera brookiana).

Rumah Panjang (Betang) Karakter umum masyarakat Dayak yang berada di sekitar TNBK dirtandai dengan pembagian ruangan dirumah betang yang secara khusus dibuat untuk melayani kebutuhan baik individual maupun kolektif dari masyarakat tersebut. Rumah betang yang asli masih dijaga oleh masyarakat

Perpaduan keindahan, kealamiahan bentang alam, dan keaslian budaya masyarakat di sekitar kawasan menjadikan TNBK sebagai salah satu destinasi wisata dengan berjuta atraksi yang langka dan unik.