Taman Nasional Gunung Rinjani

photoessay_20121227110227

Taman Nasional Gunung Rinjani adalah ekosistem yang berjenis hutan hujan pegunungan serta savana yang terdapat di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini ditetapkan oleh Menteri Kehutanan pada th. 1997 dengan luas kurang lebih 41. 330 hektar. Taman Nasional ini adalah daerah yang bergunung – gunung dengan ketinggian pada 550-3000 meter dpl dengan puncak paling tinggi ada di gunung Rinjani yakni 3. 726 meter dpl.

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3. 726 m dpl, mendomonasi sebagian besar luas pulau Lombok. Terdapat disamping timur pulau Bali, bisa ditempuh dengan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang memakai feri 2 x (selat bali serta selat lombok). Bisa pula ditempuh dengan memakai pesawat terbang dari Jakarta, Surabaya serta Bali.

Gunung Rinjani adalah gunung paling tinggi ketiga di Indonesia. Di lembah samping barat gunung Rinjani ada Danau Segara Anak dengan air yang berbau belerang dengan suhu berlainan mulai dingin, hangat hingga panas. Sebagian flora yang dapat kita jumpai diantaranya Bayur, Mahoni, Beringin, Suren, bunga kekal Edelweis dan sebagainya.
gunung rinjani
Gunung Rinjani
Di samping flora, di taman nasional ini dapat juga didapati sebagian satwa liar seperti Rusa, Kijang, Landak, Lutung, Kakaktua Putih serta burung yg tidak ada ditempat lain yakni burung penghisap madu. Ditempat ini ada banyak tempat rekreasi yang dapat sahabat kunjungi seperti pemandian air panas, air terjun, perkemahan dan sebagainya. Untuk mendaki atau masuk di taman nasional ini sahabat diharuskan melapor ke petugas terlebih dulu.

air terjun
Air Terjun di Gunung Rinjani
Untuk menuju ke taman nasional ini ada banyak rute yang dapat sahabat tempuh diantaranya rute Senaru serta rute Sembalun. Perkiraan waktu dari bandara atau senggigi ke Senaru kira-kira 3-4 jam dengan kendaraan umum, apabila sahabat memakai mobil pribadi hanya 2 jam. Sedang ke Sembalun 4-5 jam dengan kendaraan umum serta 3 jam dengan kendaraan pribadi.

Pintu Masuk
Sepanjang dalam perjalanan sahabat bakal disajikan dengan pengalaman yang mengagumkan, tantangannya, keindahannya, serta misteri di balik legendanya merupakan yang takkan terlupakan. sebagian tempat yang dapat dijumpai selama dalam perjalanan yaitu Bunut Ngengkang, Montong Satas, Sanggah Basong dan Danau Segara Anak.