Taman Nasional Tangkoko (Taman Yang Berada Di Dekat Gunung)

Taman Nasional Tangkoko-Batuangus di Kota Bitung terdapat di utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara. Di lokasi seluas 8. 718 hektar ini Anda bisa temukan monyet paling kecil didunia yakni tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) yang disebut hewan endemik Sulawesi. Tarsius mempunyai kepala yang dapat diputar 180 derajat. Diluar itu sesudah di teliti tim dari Australia nyatanya di ketahui darah tarsius berjenis O seperti pada manusia.

Taman Nasional Tangkoko

taman teng

ca tangkoko

Di Taman Nasional Tangkoko ini terdapat primata mungil ini cuma mempunyai panjang seputar 10-15 cm dengan berat seputar 80 gram. Tangkasi bisa melompat sejauh 3 mtr. atau nyaris 10 kaki dari satu pohon ke pohon yang lain lalu menghilang dari pandangan Anda. Sifatnya pemalu, berwarna coklat muda, ke lima jarinya yang panjang sangat mungkin melekat erat pada cabang-cabang pohon. Jika Anda cermati jari-jari itu mempunyai kuku, terkecuali jari ke-2 serta ketiga yang mempunyai cakar. Tarsius mempunyai ekor panjang tak berbulu, terkecuali di bagian ujungnya.

ketinggian gunung tangkoko letak gunung tangkoko

Ukuran matanya besar serta barangkali ukuran mata tarsius ini semakin besar dari pada ukuran otaknya. Matanya yang besar benar-benar berguna untuk kegiatan malam hari. Jadi, memanglah hewan yang berada di Taman Nasional Tangkoko ini condong bisa didapati sore sampai malam hari sedang siang hari semakin banyak di habiskan untuk tidur. Mangsa mereka yaitu serangga seperti kecoa, jangkrik, terkadang juga reptil kecil, burung, serta kelelawar.

tangkoko batuangus nature reserve tangkoko cms search

Tarsius tidur serta melahirkan dengan selalu tergantung pada batang pohon. Hewan ini tak bisa jalan diatas tanah, mereka segera melompat saat ada di tanah. Diluar itu bintang langka serta unik ini susah untuk dikembangbiakan diluar habitatnya lantaran bila diletakkan dalam kurungan maka tarsius bakal stres lalu melukai dianya sampai mati. Kekhasan tangkasi sudah bikin hewan ini diburu ilmuan serta wisatawan untuk di teliti atau dilihat. Sampai saat ini jumlah tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) selalu menyusut serta terhitung hewan langka yang dilindungi.

tangkoko weather forecasttangkoko cottage

Ada 9 type tarsius didunia, 2 di Filipina serta 7 bekasnya ada di Sulawesi. Dua type yang paling populer ada di Indonesia yakni kera hantu (Tarsius tarsier) serta tarsius kerdil atau krabuku kecil (Tarsius pumilus atau Pygmy tarsier). Tarsius pumilus adalah type tarsius paling kecil dengan panjang badan pada 93-98 milimeter serta berat 57 gram. Panjang ekornya pada 197-205 milimeter. Orang-orang Manado, Sulawesi Utara membanggakannya hewan kecil tarsius seperti juga mereka membanggakan Bunaken dengan kekayaan bawah lautnya yang menawan.

tangkoko furniture tangkoko national park sulawesi
Tidak cuma lantaran kehadiran tarsius saja namun Taman Nasional Tangkoko juga sudah menarik ilmuan dari beragam belahan dunia dari dulu. Alfred Russle Wallace pada th. 1850 mempelajari tempat ini untuk lihat segera hewan unik maleo serta babi rusa. Lantaran penelitiannya saat ini kita mengetahui batas imajiner Garis Wallace yang sudah membagi dua grup satwa pada Bali serta Kalimantan selalu ke Selatan. Garis ini dapat jadi batas kombinasi zoogeografi dua lokasi yakni Asia serta Australia.