Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Merencanakan untuk nikmati keindahan bawah laut? Indonesia memanglah pilihan yang pas mengingat sejuta pesona keindahan bawah laut tersimpan di dalamnya. Pantai yang demikian jernih dengan pasir putih dan pesona yang mengagumkan di dalamnya tersaji apik di bumi nusantara. Satu diantaranya di tanah cendrawasih, Papua. Tepatnya di Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih sendiri yaitu suatu taman nasional perairan laut terluas di Indonesia yang terdapat di Papua. Diresmikan pada th. 1993, taman nasional yang terbagi dalam daratan, pesisir pantai, pulau-pulau dan terumbu karang ini mempunyai luas 1. 433. 500 ha. Didalamnya ada bermacam flora serta fauna yang dilindungi.
Hiu paus di Kwatisore, Taman Nasional Teluk Cendrawasih (11)
Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah surga untuk beberapa tumbuhan serta hewan. Ada 36 type burung, 196 type moluska, 209 type ikan dan sebagian penyu yang dilindungi seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan penyu sisik semu. Di lokasi perairan ini juga adalah rumah yang nyaman untuk paus serta lumba-lumba.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih tak hanya sebagai surga untuk bermacam type flora serta fauna yang bersemayam di dalamnya. Namun juga surga untuk beberapa penikmat wisata bahari serta bawah laut. Bermacam objek menarik ada di semua penjuru Taman Nasional ini. Apabila Anda mau lakukan wisata Bahari, Anda dapat bertandang ke pulau-pulau yang ada seperti Pulau Nusrowi, Pulau Yoop serta Pulau Mioswaar. Pastinya dengan pesona serta panorama laut yang menggoda mata. Bukan sekedar itu, Anda dapat juga memandang secara langsung paus serta lumba-lumba di sekitar perairan ini.

Bukan sekedar wisata bawah laut, Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga populer dengan wisata jelajah gua yang ada di Pulau Mioswaar. Gua peninggalan zaman purba ini juga adalah sumber air panas yang memiliki kandungan belerang. Didalam gua ini juga ada kerangka leluhur etnik Wandau yang sangat dijaga keberadaannya. Etnis Wandau diakui sebagai manusia pertama yang datang ke pulau ini. Hal sama juga ada di Pulau Numfor di mana ada tengkorak manusia dan piring antik serta peti berukir yang benar-benar tinggi nilai histori serta budayanya.
Terumbu karang di Pulau Wairundi, Taman Nasional Teluk Cendrawasih (2)
Untuk menikmati keindahan yang ada di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Anda harus melalui Manokwari maupun Nabire. Dari lokasi itu, perjalanan masih sekitar 95 km. yang bisa ditempuh dengan kapal motor atau kapal motor tempel. Ada juga kapal perintis Pelni yang biasa berkunjung ke taman nasional ini, tetapi cuma muncul setiap 1bulan.

Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih memanglah belum ada sarana wisata seperti resort, hotel atau sejenisnya. Tetapi jika Anda punya niat untuk menginap di taman nasional ini, Anda bisa menetap di pondok wisata BTNTC di Distrik Rumberpon atau di rumah-rumah masyarakat. Pastinya dengan menghubungi pihak BTNTC terlebih dulu.

Walau terlihat susah, Taman Nasional Teluk Cendrawasih mempunyai aset mengagumkan. Berkunjung ke Taman Nasional Cendrawasih juga mempunyai ketertarikan serta kekhasan sendiri. Tak lagi ada kata menyesal waktu berkunjung ke satu diantara surga yang ada di bumi pertiwi ini.