Taman Safari Indonesia

TAMAN-SAFARI-CISARUA-BOGOR

┬áTaman Safari Indonesia yaitu obyek wisata keluarga berwawasan lingkungan yang bertujuan pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terdapat di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih di kenal dengan lokasi Puncak. Taman ini berperan menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m diatas permukaan laut, dan memiliki suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius. Kekhasan obyek wisata ini dari kebun binatang yang lain di Indonesia yaitu pengunjungnya dapat berkeliling ke beragam tempat untuk dapat melihat dari dekat semua jenis binatang dengan menggunakan mobil pribadi maupun naik bus yang telah disiapkan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung dapat juga berhubungan langsung dengan memberi makan hewan-hewan itu.

Taman Safari Indonesia di bangun pada tahun 1980 pada suatu perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektar. Taman ini diputuskan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos serta Telekomunikasi pada saat itu serta diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada saat itu, pada tanggal 16 Maret 1990.

Saat ini, luas Taman Safari sudah berkembang menjadi 168 hektar serta dilengkapi dengan beragam fasilitas edukasi serta rekreasi dan mengadakan safari malam pada waktu akhir pekan serta libur panjang.
IMG00387-20110613-1538
Taman Safari Indonesia juga membuka obyek wisata di daerah lain yakni Taman Safari Indonesia 2 terdapat di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Bali Safari & Marine Park di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Bali serta Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
Taman Safari Indonesia mempunyai sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir semua penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo serta lain sebagainya. Taman Safari Indonesia dilengkapi dengan beragam sarana rekreasi serta atraksi seperti bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melewati perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, rumah setan, atraksi hewan, kesenian tradisional serta sulap di panggung terbuka.