Taman Sari Yogyakarta

tamansari-1

Wisata Istana Air Taman SariĀ  Yogyakarta – Adalah suatu kompleks istana yang terbagi dalam sebagian jenis bangunan (tidak semua bangunan ada dalam air) lokasinya juga tetap didalam lokasi lingkungan Keraton Ngayogyakarta. Serta di dalam bahasa Inggris di kenal dengan nama ” Perfume Garden ” atau ” Fragrant Garden “, karena sangat banyak bunga yang mempunyai bau harum ditanam pada lingkungan taman ini.

Taman Sari Yogyakarta bukan sekedar suatu Taman yang menjadi tempat rekreasi keluarga kerajaan pada masa itu, tetapi juga mempunyai beragam jenis manfaat salah satunya juga dipakai untuk Camouflage area pada para musuh-musuhnya, serta juga jadi satu system benteng pertahanan, diluar itu juga dipakai sebagai tempat untuk meditasi untuk para Raja, tempat untuk membuat batik yang dikerjakan oleh para selir-selir Raja dan putri-putri Raja, tempat untuk berlatih kemiliteran para tentara kerajaan serta ada banyak lagi.

Taman Sari Yogyakarta pertama kali didirikan pada th. 1758 serta inspirasi awalannya yaitu dari Pangeran Mangkubumi (lalu bergelar Hamengku Buwono I) serta juga Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) untuk arsiteknya, serta Demang Tegis (asli orang Portugis yang memperoleh gelar dari kerajaan) untuk tenaga pakar strukturnya.
Yogya Kraton tamansari
Ada banyak elemen yang merubah arsitektur dari bangunan kompleks Taman Sari ini, salah satunya yaitu dampak dari Hindu serta Budha, Jawa serta Islam, Cina, Portugis serta style Eropa, bisa di lihat dari bagian-bagian bangunan ini.

Taman Sari Yogyakarta mempunyai dua buah pintu gerbang utama, yakni suatu Gapuro Agung (yang ada di bagian Barat) serta Gapuro Panggung (yang ada di bagian Timur, yang waktu ini dipakai untuk pintu masuk utama menuju lokasi kompleks Taman Sari).

Wujud dari pintu gerbang atau ‘Gapuro’nya memang amatlah indah serta merupakan style asli dari Jawa, pada detil dari Gapuro ini yaitu motif asli Jawa seperti stilasi dari sulur-sulur tanaman, burung, ekor serta sayap burung garuda.
tamansari-yogyakarta-2
Alamat Lokasi Istana Air Taman Sari

Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133, Indonesia

Harga Ticket Masuk Istana Air Taman Sari

Jam Buka : Senin – Minggu, jam 09. 00 – 15. 30 WIB
Wisatawan Domestik : Rp 3. 000
Wisatawan Mancanegara : Rp 7. 000
Tur Guide/Pemandu : nego (Rp 10. 000 – Rp 20. 000)

Info :
harga ticket diperoleh pada perjalanan bln. Januari 2012. Untuk tarif pemandu yaitu beragam, serta tergantung perjanjian bersama