Tana Toraja (Tempat Tinggal Orang-Orang Toraja)

Terlindung aman diluar gunung tinggi serta tebing batu granit, inilah tempat di mana orang-orang Toraja tinggal, di suatu lembah subur dengan terasering sawah menghijau serta perkebunan kopi yang subur. Inilah satu diantara tempat terindah di Indonesia yang menaruh daya magis dalam kultur extravaganza Tana Toraja dan bebatuan megalitik Lore Lindu.Pesonanya terkuak saat tengkorak-tengkorak manusia memberikan kemisteriusannya pada Anda juga beberapa puluh kerbau serta babi yang pasrah disembelih untuk upacara kematian untuk suatu ritus ‘Orang Mati yang Hidup’.

Tana Toraja

rumah-tongkonan-tana-toraja2tana toraja babies tombs

Di Tana Toraja  lah Anda bisa lihat website makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, serta perkampungan Kete Kesu unik. Seluruhnya terpeliharanya dalam bingkai kebiasaan budaya lantaran orang-orangnya benar-benar menghormati leluhur dengan terus melindungi eksistensi pekuburannya.

tana toraja baby tree tana toraja baby

Th. 2004, karena kekayaan budayanya, Tana Toraja dimasukkan dalam daftar sesaat warisan budaya dunia oleh UNESCO (Inscription World Heritage-C1038). Menyongsong hal semacam ini orang-orang Toraja menggelar upacara Pesta Toraja (Toraja Fiesta) di pasar seni Rantepoa, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Acara itu menyuguhkan rangkaian tarian serta atraksi dari 15 kecamatan di Tana Toraja. Toraja Fiesta yaitu satu diantara perwujudan Rambu Tuka’, ungkapan kegembiraan

tana toraja ceremony

tana toraja wikipedia
Saat Anda pergi ke dataran tinggi Tanah Toraja maka bersiaplah kagum keindahan alamnya yang mengagumkan. Di waktu yang sama ada daya tarik dari orang-orangnya sudah menjaga keyakinan serta kebiasaan mereka dalam siklus kehidupan yang abadi serta kematian di Bumi.
Jalan dari Makassar ke Toraja selama pantai seputar 130 km lalu selesai di pegunungan. Sesudah masuk ke Tana Toraja di pasar Mebali maka Anda bakal masuk panorama mengagumkan berbentuk batu granit abu-abu serta pegunungan biru. Keindahan ini prima dalam balutan kontras tumbuhan hijau.

toraja

tana toraja city

Disini, bangsawan Toraja dipercaya keturunan dewa yang turun dengan tangga surgawi untuk tinggal di Bumi dengan alamnya yang indah ini.
Untuk melindungi kemampuan tanah serta rakyatnya, orang-orang Toraja yakin bahwasanya tanah ini mesti dipertahankan lewat ritual untuk merayakan mereka hidup serta yang sudah mati, menempel waktu musim taman. Di Toraja kehidupan dengan cara ketat dipisahkan dari upacara kematian.
Toraja populer dengan upacara kematian yang bisa berjalan sepanjang berhari-hari melibatkan semua masyarakat desa. Bukan sekedar pada waktu berkabung namun juga untuk acara hiburan serta persaudaraan komune yang ada.

tana toraja funeral
Upacara kematian, diselenggarakan sesudah musim panen usai. Umumnya pada bln. Juli serta September. Sesaat upacara kehidupan di gelar waktu musim tanam di bln. Oktober. Waktu itu penguburan tak di kerjakan dengan selekasnya namun dipending sepanjang sebagian bln. juga terkadang bertahun-tahun, disimpan dirumah spesial sampai saat yang pas serta terdapatnya dana.
Anda yang datang ke Toraja tertarik pada kekhasan budaya juga pada ritualnya. Berpusat pada upacara penguburan serta kuburannya. Sesaat yang lain menentukan untuk lakukan trekking ke pedesaan seputar Toraja yang nyaris tidak tersentuh. Mencumbu desa-desa terpencil atau berarung jeram di Sungai Sa’dan.
Ibu kota Toraja yaitu Makale namun pengunjung umumnya pergi ke kota Rantepao, suatu jantung Tana Toraja.