Tangkuban Parahu (Keindahan Alam Di Bandung)

Tangkuban Parahu yaitu gunung berapi yang tetap aktif, terdapat 25-30 km di utara kota Bandung ke arah kota kecil Lembang. Kombinasi pada keindahan alam, dongeng popular, serta akses yang gampang dari Bandung jadikan Tangkuban Parahu untuk ikon wisata Jawa Barat. Diluar itu, ditempat ini dengan cara teratur di gelar Festival Budaya serta Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu.

Tangkuban Parahu

gunug tp

 

Tangkuban Parahu populer dengan legenda rakyat orang-orang Jawa Barat yakni Sangkuriang. Gunung ini berupa seperti perahu terbalik, di mana menurut legenda hal semacam itu dikarenakan lantaran Sangkuriang tidak berhasil penuhi janji bikin perahu serta danaunya dalam satu malam untuk prasyarat untuk menikah dengan Dayang Sumbi yang sejatinya yaitu ibunya sendiri. Sangkuriang yang tidak berhasil lantaran kehabisan saat lalu menendang perahu itu sampai melayang jauh serta terbalik. Perahu terbalik itu tertelungkup, yang dalam bhs Sunda dimaksud tangkub, hingga hingga saat ini dimaksud Tangkuban Parahu.

Kawah besar yang ada di gunung ini adalah panorama yang mengagumkan serta Anda bisa menjelajahi kawah Tangkuban Parahu seputar 2 jam. Gas sulfur tetap keluar dari kawah walau tak aktif. Dari atas gunung ini, Kota Bandung hanya hamparan luas di kaki gunung. Kunjungi tempat ini untuk bukti Anda sudah ‘melihat’ Bandung.

gunung-tangkuban-perahu

Gunung Tangkuban Parahu (2084 m dpl) terbentuk dari kesibukan letusan berulang Gunung Api Sunda. Dalam catatan sepanjang 2 era paling akhir, gunung ini meletus sekian kali, yakni : 1829, 1846, 1862, 1887, 1896, 1910, serta th. 1929. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai tiga bentukan kawah utama, yakni : Kawah Paguyangan Badak berusia 90. 000-40. 000 th.. Kesibukan gunung lalu beralih serta membuat Kawah Upas pada 40. 000-10. 000 th. lalu. Paling akhir, kesibukan beralih ke Kawah Ratu, 10. 000 th. lalu hingga saat ini.

Terdapat beberapa hotel di Bandung, dimulai dari hotel melati hingga hotel berbintang. Namun bila Anda punya niat untuk tinggal lebih lama dekat Tangkuban Parahu, terdapat beberapa hotel di Lembang (sisi Utara Bandung) serta nikmati panorama tepi kota sembari hirup hawa bersih yang susah diperoleh di kota

Tak seluruhnya orang tahan dengan bau gas sulfur, tutupilah hidung Anda dengan sapu tangan.
Janganlah ragu-ragu untuk menampik pedagang yang Anda tak tertarik untuk beli.
Dianjurkan untuk membawa jaket atau sweater untuk hindari hawa dingin. Payung juga bisa bermanfaat untuk kurangi sengatan matahari yang terik.

Restoran serta warung menyebar di seputar Tangkuban Parahu. Tetapi bila Anda inginkan situasi yang tidak sama terdapat beberapa tempat makan di seputar Lembang yang tawarkan beragam jenis sarana serta type makanan.