Tempat Wisata Jembatan Barito (kalimantan Selatan)

┬áJembatan Barito yaitu jembatan yang menghubungkan pinggir barat sungai Barito (Kecamatan Anjir Muara) serta tepi timur Sungai Barito di (Kecamatan Alalak dekat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Jembatan Barito terdapat 15 km dari Kota Banjarmasin serta 50 km dari Marabahan, Ibukota Kabupaten Barito Kuala. Jembatan ini mempunyai panjang 1. 082 meter yang melewati Sungai Barito selebar 800 meter serta Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan ini terbagi dalam jembatan utama sepanjang 902 meter, serta jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10, 37 meter. Adalah akses jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya serta sebaliknya. Ketinggian area bebas jembatan utama 15 – 18 meter, hingga dapat dipakai untuk jalan raya perairan seperti Kapal Tongkang.
jembatanbaritosenja
Jembatan Barito kerap disebut juga jembatan Pulau Bakut, sesuai nama delta (pulau kecil) yang ada di bawahnya atau jembatan pulau Bakut, sesuai nama daerah pinggir barat sungai Barito (sungai Banjar).

Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tanggal 23 April 1997 oleh Presiden Soeharto. Jembatan, yang terdaftar dalam rekor Muri untuk jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini, jembatan yang menghubungkan jalan trans Kalimantan. Jalan ini adalah jalan poros yang menghubungkan dua provinsi bertetangga yakni propinsi Kalimantan Tengah, sebelum ada jembata ini orang-orang benar-benar memercayakan jalur transportasi seperti sungai memakai alat transpor seperti boat atau kapal bermotor untuk menuju ke Banajarmasin atau sebaliknya. Jembatan Barito adalah suatu obyek wisata yang benar-benar nyaman pemandangannya di nikmati oleh pariwisata atau turisme untuk rekreasi atau liburan
Barito-Bridge-Wahyudi-Blog
Obyek wisata satu ini jadi ikon dari kota Banjarmasin. Jembatan Barito mempunyai panjang 1 KM serta menghubungkan sisi barat serta timur Sungai Barito. Untuk nikmati keindahan Jembatan Barito dianjurkan waktu pagi atau sore hari lantaran pada saat ini jembatan ini penuh dengan kesibukan beberapa warga Banjarmasin. Anda akan disuguhi panorama sungai dengan situasi masyarakat lokal di sekelilingnya. Bila hari mulai malam, kegiatan di Jembatan Barito mulai menyusut serta tampak sepi hingga kurang menarik untuk dipandang.Tapi apabial malam lumayan bagus untuk cuci mata melihat keindahan lampu lampu yang menyala diantara jembatan .