Tempat Wisata Ujung Genteng Sukabumi

 

Ada beragam tempat wisata alami nan indah di Ujung Genteng Sukabumi. Anda bisa menjumpai beragam pantai cantik, air terjun, penangkaran penyu sampai pembuatan gula aren. Pas untuk lokasi untuk berlibur di sekitar Jakarta.

Terdapat di Sukabumi, Jawa barat, Ujung Genteng adalah surga untuk penggemar pantai serta air terjun. Ujung Genteng bisa dicapai dengan kendaraan umum ataupun pribadi. Untuk kendaraan umum, Anda bisa memulai dari Terminal Sukabumi dengan angkutan kota menuju Terminal Lembur Situ, lanjut dengan menaiki bus atau elf jurusan Surade serta naik angkot merah dengan jurusan Ujung Genteng. Perjalanan bakal memakan waktu 3-4 jam.

Kekurangan infrastruktur di sini yaitu jalan penghubung yang kurang terurus serta minimnya SPBU ataupun toilet umum. Lebih dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi bila mau menjelajah semua pantai alami di Ujung Genteng.

1. Pantai Pangumbahan
Pantai-Pangumbahan-Tempat-Penangkaran-Penyu-Hijau-8923
Hamparan pasir nan lembut di kaki yaitu hal pertama yang menyongsong saat berkunjung ke pantai ini. Demikian luas, sampai anda susah untuk menjelajahi satu ujung ke ujung yang lain. Pantai Pangumbahan bukan hanya indah, tetapi juga unik, ada tempat penangkaran penyu atau tukik di pantai ini.

Secara berkala dilaksanakan pelepasan tukik ke laut untuk salah satu usaha perlindungan penyu. Jika datang pada waktu yang pas, Anda bisa turut berperan serta dalam pelepasan tukik ke laut.

2. Pantai Cipanarikan atau Muara Cipanarika
Pantai Cipanarikan atau Muara Cipanarika
Satu diantara tempat wisata unik di Ujung Genteng Sukabumi. Pantai Cipanarikan adalah tempat bertemunya Sungai Cipanarikan dengan laut. Sungai Cipanarikan membuat alur membelok terlebih dulu saat sebelum masuk ke laut, hingga terbentuk hamparan pasir yang cukup luas dengan wujud pasir yang benar-benar halus.

Untuk mencapainya, Anda perlu jalan kurang lebih 3-5 menit melalui hutan lindung, serta bakal tampak hamparan pantai pasir putih yang masih perawan.

3. Pantai Tenda Biru
pantai nirwana pasirpantar.com
Pantai Tenda Biru termasuk pantai yang masih alami lantaran ada di lokasi hutan lindung yang dijaga pihak TNI AU. Untuk masuk, Anda perlu membayar cost masuk sejumlah Rp 5. 000 saja. Uniknya, jika air surut, Anda bisa jalan sekitar 200-300 mtr. dari bibir ke tengah pantai. Sayang, pantai ini tetap kurang terurus, tampak pada sampah yang berantakan.