Tempoyak Masakan Khas Jambi

Ntah kenapa hari ini saya ingin sekali membuat tulisan tentang masakan khas Jambi. Barangkali karena hoby saya yang doyan makan.Bila Kawan-kawan tinggal di Jambi, saya yakin tahu makanan ini. Namanya Tempoyak. dari namanya saja keren, terlebih rasanya.
Picture2
Beberapa penjual tempoyak banyak didapati pada waktu musim durian tiba. Hal semacam ini karena tempoyak terbuat dari durian yang disimpan kurun waktu tertentu. Sesudah durian dipisah dari bijinya, umum disimpan didalam botol atau tempat tertutup sekian waktu, dengan kata lain durian itu difermentasi. Kemudian baru siap di buat jadi masakan yang lezat. Terasa sangatlah mengundang selera. Tak ada orang asli Jambi yg tidak pernah mencicipi makanan dari asam durian ini.

Tempoyak mempunyai jenis yang bermacam (sesuai dengan selera), seperti, tempoyak gurame, tempoyak udang, tempoyak gurame, tempoyak patin, dengan bahan basic yang digabung durian, tetapi tastednya demikian memuaskan selera. Tempoyak dapat dipakai untuk bikin beragam menu seperti gulai-gulai tempoyak yang cukup populer serta jadi menu utama sebagian restoran serta rumah makan yang menjual masakan khas Jambi.

terlebih tempoyak dipadukan dengan satu diantara ikan favorite Provinsi Jambi yakni ikan sema yang hidup di perairan deras sisi barat provinsi jambi. Umumnya ikan sema ini dulu kala santapan untuk raja-raja di provinsi jambi. Raja-raja saja suka apa lagi kita. Tempoyak dapat juga di buat sambal. Jadi apabila di buat sambal, namanya sambal tempoyak.

Menurut catatan histori, tempoyak sempat tercatat dalam Hikayat Abdullah bin Abdulkaidi Munsyi dari th. 1836 sebagai satu diantara makanan kesukaan orang-orang Terengganu, Malaysia. Jadi, janganlah heran bila makanan ini dapat anda jumpai disana ya. Tahu tidak sih , buah berdaging tebal ini memiliki kandungan sangat banyak vitamin, dimulai dari vitamin B1, B2, serta C, dan kalium, kalsium, serta fosfor
ikan-patin-gulai-tempoyak
Tempoyak juga mempunyai kandungan lactic acid bacteria (LAB) yang tinggi. Lactic acid bacteria yaitu bakteri yang dipakai untuk fermentasi serta menyebabkan rasa asam pada tempoyak. Nah , ingin mencoba Tempoyak khas Jambi