Tips Membuat Surabi Bandung

Serabi (terkadang disebut Surabi) adalah jajanan pasar tradisional yang datang dari Indonesia, ada dua type serabi, yakni serabi manis yang memakai kinca serta serabi asin dengan taburan oncom yang sudah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi umum dijajakan pada pagi hari serta dimasak memakai tungku hingga menghasilkan rasa yang khas. Kadang-kadang telur ayam yang sudah dikocok ditambahkan keatas adonan surabi yang tengah dimasak. Bersamaan dengan perubahan zaman, banyak yang selalu berinovasi dengan memberikan beragam topping seperti sosis, keju, ataupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan anggapan bahwasanya serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Tempat yang menghidangkan serabi dengan beragam variasi rasa menyebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, serta Bogor.
jajanan-surabi-bandung
Resep Kue Surabi Bandung

Kue Surabi Bandung. Catatan bahan resep serta cara membuat Kue Surabi Bandung Surabi, di sebagian daerah di Indonesia disebut juga dengan nama Serabi, adalah type jajanan tradisional yang cukup popular. Terdapat banyak versi penyajian Serabi atau Surabi ini. Umpamanya penyajian serabi ala Surabi Bandung. Makanan khas Sunda ini di kenal dengan nama surabi, yang dipilih untuk salah satu dari 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia. Umumnya, surabi di sajikan begitu saja atau di beri taburan potongan buah-buahan, coklat, keju, serta banyak terdapat pilihan yang lain.
68796e_06

Resep Membuat Kue Surabi Bandung.

Bahan Resep Kue Surabi Bandung :
– 300 gram tepung beras
– 180 gram kelapa parut, gunakan dari kelapa muda
– 1/2 sendok teh garam
– 600 cc santan encer
– 120 cc air pandan, (masukkan 4 daun pandan serta air lalu blender sampai halus)
– 2 atau 3 senok makan minyak goreng

Bahan Saus Gula Merah :
– 600 cc santan kelapa
– 250 gr gula merah
– 1/2 sendok teh garam
– 2 lembar daun pandan, robek-robek lalu ikat simpul
surabi-imut-malang
Langkah Membuat Kue Surabi Bandung
1. Campur tepung beras, kelapa parut, serta garam. Tambahkan sisa santan ke adonan, masukkan sedikit untuk sedikit sembari selalu diaduk.
2. Panaskan wajan, tuangkan minyak.
3. Masukkan empat sendok adonan ke dalam wajan. Tutup wajan serta masak sampai keluar gelembung diatas serta struktur surabi mulai mengeras. Angkat serta hidangkan dengan saus gula merah.
4. Saus gula merah : rebus bersamaan semua bahan-bahan untuk membuat saus. Diamkan dingin lalu tuang diatas surabi.

Tip :
Saus gula merah bisa digabungkan dengan buah-buahan, seperti nangka, cempedak, atau durian.