Tips Pemesanan Tiket Kereta Api Tidak Lewat Loket Stasiun

Tips Pemesanan Tiket Kereta Api Tidak Lewat Loket Stasiun – Pemesanan ticket kereta api jarak jauh di loket setiap stasiun akan ditiadakan pada 15 Agustus 2014 yang akan datang. Tetapi, untuk pembelian ticket kereta api pada hari keberangkatan tetap dilayani di loket stasiun.

35fddd901b6bf59526f6b0da5ad9df4f_2728408_kereta-api-1156-577-c

Hal ini dikerjakan supaya penumpukan calon penumpang di stasiun tidak terjadi. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1, Agus Komarudin menjelaskan bahwa aplikasi itu dikerjakan dalam tahap sosialisasi pembelian ticket dengan cara on-line pada orang-orang. Hingga, orang-orang tak jauh-jauh datang ke Stasiun untuk pesan ticket.

” Mulai tanggal 15 Agustus 2014, pemesanan ticket di seluruhnya stasiun tidak diberlakukan. Kecuali, calon penumpang yang go show, ” kata Agus saat berbincang dengan Warta Kota di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (10/5/2014).

Agus menjelaskan bahwa beberapa calon penumpang diarahkan untuk pesan ticket di channel-channel yang sudah bekerjasama dengan PT KAI. Diluar itu, beberapa calon penumpang dapat juga pesan lewat website kereta api yakni www. ticket. kereta-api. co. id serta lewat contac center PT KAI di nomer 121.

” Tujuannya yaitu supaya calon pemakai layanan kereta api menlaksanakan pemesanan ticket diarahkan dengan cara chanel, agen, mini market, kantor pos yang jual ticket, ” katanya.

Walaupun, banyak masyarakat yang tetap pilih untuk mengantre di loket waktu pemesanan, kata dia, pihak PT KAI tak berspekulasi. Pasalnya, data pemesanan kursi kereta api yang masuk untuk beberapa calon penumpang yang pesan ticket kereta api dengan cara on-line serta di loket sama.

” Nanti, semua memakai system on-line. Penumpang tidak berjubel. Data di stasiun serta on-line, chanel eksternal sama. Hanya tidak sama tempat saja, ” tuturnya.

Beberapa calon penumpan kereta api dapat terhubung dengan cara online ticketing melalui, ticket. kereta-api. co. id, ticket. com, tiketkai. com, paditrain. com, aerotiket. com. Bisa juga memakai aplikasi blackberry dengan download di BBworld kereta api indonesia.

Diluar itu, gerai Indomaret, Alfamart, Citos connection, Fin channel serta call center KAI (021) 121, stasiun online serta agen resmi ticket KAI dapat juga digunakan masyarakat untuk beli ticket kereta api. ” Namun, harus dipastikan nama di ticket sesuai dengan ID penumpang yang asli (KTP, SIM atau pasport-red), serta harus ditunjukan ketika pemeriksaan ticket di stasiun maupun diatas Kereta, ” tuturnya.

Menurut Agus harga penjualan ticket lewat chanel eksternal PT KAI akan sama dengan harga ticket yang ada di loket. Padahal, sebelumnya beberapa calon penumpang dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 7. 500.

” Nanti harga ticket yang beli di Alfamart, Indomaret atau channel-channel lain akan sama dengan harga di loket stasiun sesuai dengan harga ticket tujuan keberangkatan, ” tuturnya.

Untuk pelaksanaannya akan diberlakukan dalam waktu dekat ini. Dia belum dapat meyakinkan kapan harga ticket di channel eksternal PT KAI akan sama dengan harga di loket stasiun.