TIPS WISATA ALAM GREEN CANYON

Oleh : WOWmin

Green Canyon

Wisata Alam Jawa Barat

SobatWOW ada yang berencana berkunjung ke object wisata Green Canyon dalam waktu dekat ini? Apa sih Green Canyon itu? Apa yang di amrik itu? Pasti timbul pertanyaan disanubari tentang tempat wisata alam kece satu ini, iya kan?

Green Canyon yang ini adanya di Jawa Barat. Tepatnya di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Ciamis 31 km dari kota Pangandaran.

Masyarakat sekitar lebih mengenal dengan sebutan Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. Karena lembah dan tebing dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan masyarakat lokal untuk menuju kebun dan ladang mereka.

Awal mula dinamai Green Canyon adalah oleh turis asal Perancis pada tahun 1993 karena airnya yang jernih kehijauan dan lumut hijau disisi tebing tanah.

Nih ada sedikit saran dari WOWmin nih buat kalian yang mau meng-eksplore kawasan wisata Green Canyon alias Cukang Taneuh biar makin enak dan nyaman disana. Simak dulu nih panduan perjalanan di bawah ini.

RUTE/ JALUR KE GREEN CANYON DARI JAKARTA

Green Canyon atau oleh warga sekitar sering juga disebut Cukang Taneuh berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 31 km dari kota Pangandaran.

Dari semua daerah di Indonesia bisa langsung menuju Bandung dengan jalur darat maupun udara.

Kalo kamu berangkat dari Jakarta pakai mobil, jalur paling mudah yaitu melalui Bandung menuju Tasikmalaya.

Dari Tasik, ada dua jalur yang dapat ditempuh, yakni lewat jalur timur dan jalur selatan.

Jalur timur kamu bisa melalui jalur Kota Tasik – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi lalu masuk ke Cijulang. Jalur ini mempunyai jarak kurang lebih 170 km.

Jalur ke-2 yaitu jalur selatan melalui Kota TasiK – Cipatujah – Cikalong – Cimanuk lalu masuk wilayah Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.

Walau jaraknya lebih pendek jika lewat rute jalur selatan, tapi tidak dianjurkan buat kamu yang pengen cepat sampai ke Green Canyon. Kesibukan hilir mudik truk pengangkut pasir besi di jalur itu menyebabkan jalur selatan rusak parah dan bisa bikin perjalanan lebih lama.

WAKTU YANG TEPAT KE GREEN CANYON

Kalo kamu tidak mau mengantre jangan datang pas waktu weekend. Karena pada akhir pekan jumlah pengunjung cukup banyak dan tentu akan sangat rame. Tapi kalo waktu liburan kamu cuma ada di akhir pekan dianjurkan untuk datang lebih pagi.

Green Canyon buka dari jam 07.30 sampai 17.00 WIB. Khusus hari Jum’at, dibuka pukul 13.00 setelah shalat Jum’at. Sebaiknya jangan datang pas waktu musim hujan. Karena kemungkinan besar Green Canyon ditutup sebab debit air yang meningkat. Saat paling baik buat wisata alam di Green Canyon yaitu pada waktu musim kemarau, karena air sungai bakal berwarna hijau jernih serta lebih tenang.

APA SAJA KEGIATAN DI GREEN CANYON?

Body Rafting

http://mypangandaran.com

Dari mulai perjalanan menyusuri sejuk dan ademnya sungai yang bikin kamu relaks, sampai aktivitas ekstrem bisa kamu coba. Asyiknya perjalanan jalur sungai ini adalah bonus pemandangan sepanjang sungai dengan satwanya dan juga air terjun yang turun dari sisi tebing.

Di jaman sekarang kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah jeprat jepret foto. Selfie di alam yang instagramable tentu wajib dilakukan, jadi jangan lupa bawa kamera terbaik kamu dan jangan lupa casing waterproof nya yah.

Saat kamu sampai di lokasi area goa, kamu bisa jalan-jalan menyusuri goa sambil menikmati stalaktit dan stalagmit. Kalo mau yang lebih menantang, kamu bisa mencoba terjun dari ketinggian 5 meter dan meluncur ke sungai yang jernih dan segar, atau bisa juga mencoba panjat tebing.

Kegiatan di Green Canyon yang paling favorit adalah body rafting. Harga paket body rafting sekitar Rp 99.000 per orang minimal satu rombongan 20 orang. Body Rafting tak kalah ekstremnya, dengan menyusuri jeram-jeram sungai, berenang di air yang jernih ditambah lompat dari tebing setinggi 9 meter.

BACA JUGA : Tips Liburan Murah Hemat Dan Menyenangkan

BIAYA DAN TIKET GREEN CANYON

Siapkan uang yang cukup saat kamu berkunjung ke Green Canyon. Untuk mencapai Creen Canyon dari dermaga Ciseureuh butuh waktu 30 sampai 45 menit dengan ketinting atau perahu kayu dengan tarif Rp 250.000 kapasitas enam orang atau sekitar 42.000.an per orang. Kalo kesini lebih enak kalo bareng rombongan supaya biaya dapat lebih ringan. Berikut daftar biaya tiket di Green Canyon :

Tiket Semi Rafting
Tiket Paket Bronze
Tiket Paket Silver

TIPS WISATA DI GREEN CANYON

  • Siapkan baju ganti

Baiknya siapkan pakaian ganti karena kita akan basah basahan disana. Aktivitas paling menyenangkan adalah main air sampai menggigil dan telapak tangan mengkerut hehehe…

  • Bawa kamera dan casing waterproof

Janganlah lupa membawa kamera tahan air untuk mengabadikan kegiatan kamu di sungai. Selain itu juga bawa tas tahan air untuk menyimpan barang elektronik.

  • Bekal Makanan dan Minuman

Bawa bekal makanan dan minuman,karena pusat kegiatan jauh dari penjual makanan yang hanya ada di pintu masuk.

  • Sandal Anti Selip

Pakai alas kaki anti selip supaya tidak kepleset karena batu licin. Coba pakai sandal gunung.

  • Janganlah cemas bila tak membawa pelampung atau life jacket, karena pengelola sudah menyediakan life jacket untuk kalian.

Demikian sedikit ulasan tentang wisata Green Canyon yang ada Ciamis. Persiapkan semua yang diperlukan agar kita nyaman dan bisa menikmati wisata tanpa kendala. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk SobatWOW terima kasih sudah menyimak. Pesan WOWmin, jangan lupa persiapkan fisik kamu sebelum berangkat dan yang paling penting JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN YAAHH…jaga alam kita !!

HAVE FUN SobatWOW…!!!

2 thoughts on “TIPS WISATA ALAM GREEN CANYON”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *