Tongkonan Toraja (Rumah Adat Warga Toraja)

Inilah satu diantara wujud kearifan lokal yang mempesona dari suatu rumah kebiasaan Nusantara. TongkonanToraja yaitu rumah khas orang-orang Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Sampai waktu ini rumah unik itu berbarengan budaya Tana Toraja yang lain jadi daya tarik wisata serta terus-menerus diminati pelancong.

Tongkonan Toraja

tongkonan

kopi tongkonan toraja (sulawesi)

TongkonanToraja yaitu rumah kebiasaan dengan ciri rumah panggung dari kayu di mana kolong dibawah rumah umumnya digunakan untuk kandang kerbau. Atapnya rumah tongkonan dilapis ijuk hitam serta memiliki bentuk melengkung persis seperti perahu telungkup dengan buritan. Ada juga yang menyampaikan memiliki bentuk seperti tanduk kerbau. Sepintas serupa bangunan rumah gadang di Minang atau Batak.

fungsi tongkonan torajatongkonan di toraja

Seluruhnya rumah TongkonanToraja yang berdiri berjejer bakal mengarah ke utara. Arah tongkonan yang menghadap ke utara dan ujung atap yang runcing ke atas melambangkan leluhur mereka yang datang dari utara. Saat kelak wafat mereka bakal berkumpul berbarengan arwah leluhurnya di utara.

Menurut riset arkeologis, orang Toraja datang dari Yunan, Teluk Tongkin, Cina. Pendatang dari Cina ini lalu berakulturasi dengan masyarakat asli Sulawesi Selatan. Kata tana berarti negeri, sedang kata toraja berasal dua kata yakni tau (orang) serta maraya (orang besar atau bangsawan). Lalu penggabungan kalimat tesebut berarti tempat bermukimnya suku Toraja atau selanjutnya di kenal untuk Tana Toraja.
Tongkonan adalah pusat kehidupan sosial suku Toraja lantaran ritual kebiasaan berkenaan tongkonan amatlah utama dalam kehidupan spiritual mereka dengan leluhur. Oleh karenanya, seluruhnya anggota keluarga diharuskan turut serta untuk simbol jalinan mereka dengan leluhur.

gedung tongkonan toraja jakartatongkonan pertama di toraja

Tongkonan datang dari kata tongkon yang berarti menempati atau tempat duduk. Disebutkan untuk tempat duduk lantaran dulu jadi tempat berkumpulnya bangsawan Toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi. Rumah kebiasaan ini memiliki manfaat sosial serta budaya yang bertingkat-tingkat di orang-orang. Awalannya adalah pusat pemerintahan, kekuasaan kebiasaan, sekalian perubahan kehidupan sosial budaya orang-orang Toraja.

Toraja-Utararumah tongkonan dari toraja

Orang-orang Toraja berasumsi rumah tongkonan untuk ibu, sedang alang sura (lumbung padi) untuk ayah. Tongkonan berperan untuk tempat tinggal, aktivitas sosial, upacara kebiasaan, dan membina kekerabatan. Sisi dalam rumah dibagi tiga sisi, yakni sisi utara, tengah, serta selatan. Ruangan dibagian utara dimaksud tangalok yang berperan untuk area tamu, tempat anak-anak tidur, dan tempat letakkan sesaji. Ruangan samping selatan dimaksud sumbung, adalah ruangan untuk kepala keluarga namun juga dikira untuk sumber penyakit. Ruangan sisi tengah dimaksud Sali yang berperan untuk area makan, pertemuan keluarga, dapur, dan tempat letakkan orang mati.

kopi tongkonan toraja (sulawesi)

sejarah tongkonan di toraja

Ada nuansa unik dari rumah tongkonan yang mengagumkan sekalian sarat arti. Cermati seksama bagaimana tumbuhan hijau merajalela ada diatas atapnya malah memperindah penampilan rumah kebiasaan ini.