Tunjungan Plaza Surabaya

Tunjungan Plaza (atau biasa disingkat TP) yaitu suatu pusat perbelanjaan paling besar di Surabaya, sekalian plaza yang paling popular di masyarakat kota Surabaya, didirikan pada th. 1986, serta paling akhir di buka Tunjungan Plaza IV pada th. 2001. Tunjungan Plaza terdapat di Surabaya Pusat tepatnya di Jl. Jend. Basuki Rachmad serta mengarah sampai ke Jl. Embong Malang. Pusat perbelanjaan ini memiliki 4 bangunan utama yang sama-sama terkait (Tunjungan Plaza I-IV). Lokasi Tunjungan di kenal untuk pusat komersial Kota Surabaya.

Tunjungan Plaza Surabaya

Tunjungan Plaza ada dibawah naungan PT. Pakuwon Jati Tbk yang juga membangun Pakuwon Trade Center serta Supermal Pakuwon Indah di lokasi permukiman Pakuwon Indah, Surabaya Barat, Royal Plaza di Surabaya Selatan, dan EastCoast Center, Food Festival serta Pakuwon Town Square di Surabaya Timur, tepatnya di lokasi permukiman Pakuwon City (sebelumnya Laguna).

Tunjungan Plaza adalah family mall yang berkonsep untuk menyediakan semua keperluan keluarga dalam satu tempat.

Tunjungan Plaza (waktu itu bernama Plaza Tunjungan) selalu berkembang. Dari pembangunan yang diawali pada tahun 1983, pembukaan Plaza Tunjungan I pada tahun 1986, pergantian nama Plaza Tunjungan jadi Tunjungan Plaza dan pergantian logo mal yang dinamis pada tahun 2006 sampai renovasi Tunjungan Plaza I-II pada tahun 2007.

Plaza Tunjungan I – Plaza East

Plaza Tunjungan I atau saat ini disebut Plaza East, adalah bangunan paling lama dari plaza yang terdapat di Jalan Jendral Basuki Rachmad ini. Di buka pada th. 1986, tetapi saat ini Plaza East sudah jadi bagian yang fashionable dari renovasi yang dikerjakan pada tahun 2007 dengan ditunjang oleh banyak gerai moderen seperti McDonald’s, Texas Chicken, Gracia Cafe, The Athletes Foot, Matahari, Hero Supermarket, Rimo, J. CO Donuts & Coffee, toko buku Gramedia yang terdapat di lantai 4, dan gerai perkakas ACE Hardware. Sistem renovasi itu juga merombak foodcourt jadi Studio Foodcourt, yang berdampingan dengan bioskop Tunjungan Plaza XXI yang dilengkapi dengan 4 studio

17tunjungan_plaza_surabaya_17_budpar

Plaza Tunjungan II – Plaza Central
Plaza Tunjungan II adalah lanjutan pembangunan dari Plaza Tunjungan 1 yang terdapat diantara Plaza Tunjungan I serta Plaza Tunjungan III yang di buka pada tahun 1991. Meskipun tak sebesar pendahulunya, tetapi Plaza Tunjungan 2 yang saat ini disebut Plaza Central sudah jadi satu diantara sisi paling ramai di lokasi bisnis ini. Disegmenkan untuk lifestyle center, Plaza Tunjungan 2 yang dilengkapi dengan stores seperti Sports Depot, Converse, Rimo, Telkom Cafe, dan gerai makanan terkemuka seperti KFC, Hoka Hoka Bento, 369, Ayam Penyet Ria, Top Noodle House, saat ini sudah jadi bagian tak terpisahkan dari Plaza Tunjungan yang lain.