Upacara Pembakaran Jenazah Di Bali (Termegah Di Dunia)e

Upacara Pembakaran Jenazah di Bali paling megah di dunia
Untuk orang-orang Bali, cuma lewat pembakaran jenazahlah jiwa bisa dilepaskan dari dunia sesaat untuk memperoleh kehidupan sesudah kematian. Serta untuk melakukan ini sebagian upacara serta ritual mesti diikuti, terlebih saat keturunan kerajaan wafat. Pada kematian badan mesti dibakar oleh api lantaran jiwa mesti kembali pada lima elemen yang di kenal dengan Panca Maha Buta (bumi, angin, api, air serta eter) hal semacam ini mempunyai tujuan untuk kirim jiwa pada kehidupan sesudah kematian.
Cuma dengan ikuti upacara serta ritual yang layak serta pas, jiwa bakal bebas dari badan untuk dilahirkan kembali serta pada akhirnya meraih Moksa, kelepasan atau kebebasan dari ikatan duniawi.

Upacara Pembakaran Jenazah

Pelebon

apa nama upacara pembakaran jenazah di bali

Upacara Pembakaran Jenazah di Bali elegan serta mahal. Lebih tinggi status seorang, persiapan megah serta dekorasi yang diperlukan bakal makin tinggi. Oleh karenanya, jenazah Almarhum mesti dikubur untuk sebagian sebelum keluarga serta orang-orang dapat mengumpulan dana yang cukup.

upacara pembakaran mayat di pulau bali disebut upacara pembakaran mayat ngaben

Ini adalah kebiasaan yang umum untuk orang-orang umum untuk menanti pembakaran jenazah seseorang bangsawan atau pemuka agama yang nanti dikombinasi dalam ritual ngiring untuk pembakaran jenazah keluarga mereka bila diizinkan.
Sekian hari sebelum saat hari pembakaran, jiwa Almarhum yang mengembara di panggil untuk menyatu dengan badannya, umumnya disimbolkan oleh patung orang, dibawa ke rumah untuk dimandikan berkali-kali, disiapkan oleh anggota keluarga.

upacara adat pembakaran mayat di bali upacara pembakaran jenazah di bali

Saat malam Upacara Pembakaran Jenazah, beberapa pendeta menghadirkan persembahan pada kemampuan supranatural yang disuruh untuk buka jalan untuk jiwa, sesaat beberapa anggota keluarga berdoa untuk membebaskan jiwa Almarhum ke surga.

upacara pembakaran jenazah upacara pembakaran mayat bali
Hari selanjutnya, jenazah dibawa ke alam terbuka di mana pembakaran diselenggarakan, yang umumnya sesudah matahari melalui titik puncaknya. Saat seluruhnya badan telah terbakar, anggota keluarga menghimpun debu-debu serta tulang Almarhum, serta lalu patung orang yang wafat itu dibawa dalam prosesi di laut atau sungai, lalu debu dituangkan ke dalam air, kedalam perlindungan dewa laut.

upacara_ngaben3

upacara pembakaran mayat di bali di sebut

Bulan-bulan atau tahun-tahun selanjutnya sesudah pembakaran, saat dana telah cukup terkumpul, bakal ada upacara-upacara lagi untuk memberikan keyakinan pembelahan jiwa yang prima dari ikatan keduniawian, mempunyai tujuan untuk melepas jiwa ke surga. Pada upacara paling akhir dimaksud upacara nyagara-gunung, keluarga mengekpresikan terima kasih mereka pada dewa laut di candi-candi gunung di mana jiwa yang suci diabadikan di candi, untuk menanti kelahiran kembali atau kebebasan dari lingkaran kelahiran kembali.