Wakatobi (Pesona Taman Laut Di Wakatobi)

Wakatobi di Sulawesi Tenggara, identik dengan diving. Benar saja, Wakatobi mempunyai taman laut dengan pesona yang telah mendunia. Kecantikan terumbu karang serta ikan-ikannya janganlah diragukan. Ingin ke Wakatobi? Inilah langkahnya.

Wakatobi

Pantai Wakatobi wakatobi Beach

Maksud utama wisata Wakatobi yaitu nikmati keindahan serta pesona taman lautnya yang terdapat di jantung sisi tiga karang dunia. Wakatobi adalah suatu gugusan pulau di Propinsi Sulawesi Tenggara. Keindahannya di kenal traveler mancanegara, untuk destinasi wisata untuk nikmati pesona bawah laut.

wakatobi cheap accommodation wakatobi cruise

Wakatobi itu sendiri yaitu kependekan dari nama empat pulau besar, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia serta Binongko. Ibukota Kabupaten Wakatobi terdapat di Pulau Wangi-wangi dengan ibukota Wanci.

Untuk peminat wisata bawah laut serta pantai, ada 2 alternatif untuk menuju ke Wakatobi. Pertama lewat laut, jalurnya yaitu Makassar-Kendari- Bau Bau- Wangi wangi (Wanci). Dari Wanci ada transporasi antar pulau memakai kapal cepat, kapal kayu atau speed boat.

wakatobi faq wakatobi fish

Sedang melalui udara, bisa ditempuh dari Jakarta atau Surabaya dengan tujuan Makassar. Perjalanan lalu dilanjutan memakai penerbangan lanjutan ke Kendari atau Bau Bau. Kemudian, Anda bakal meneruskan lewat jalur udara atau kapal cepat, atau kapal kayu ke Wangi wangi, Kaledupa serta Tomia.

Apabila bermalam di Wanci, maka banyak lokasi penyelaman serta snorkling. Spot paling dekat yang dapat dikunjungi yaitu seputar pelabuhan kapal fery, belakang Hotel Wakatobi, di seputar Patuno Resort, Pantai Sousu, atau menyeberang seputar 30 menit ke karang Pulau Kapota.

Untuk Pulau Kaledupa, bisa ditempuh memakai speed boat seputar 2 jam. Satu diantara tempat favorite di dekat pulau itu yaitu Pulau Hoga. Disana Anda bisa menyelam, snorkeling, berenang, berjemur serta olahraga pantai. Pulau Hoga juga jadi sentral kesibukan Operation Wallace dari th. 1995.

Wakatobi Dive Resort from the House Reef. wakatobi hotel

Di lokasi itu ada sarana riset bawah laut, pendukung aktivitas menyelam serta snorkling. Diluar itu, ada homestay yang dikelola oleh orang-orang setempat dengan jumlah seputar 100 unit. Harga untuk menyewanya yaitu Rp 50.000 per orang.

Mau lebih jauh? Tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu lokasi Pulau Tomia serta Binongko. Jarak tempuhnya seputar 5 jam memakai transportasi speed boat.

Tak hanya nikmati wisata pantai serta bawah laut, Wakatobi juga mempunyai sebagian destinasi wisata histori (benteng), gua alam, perkampungan suku Bajo, pemandangan alam (sunset serta sunrise). Kunjungan paling baik ke Wakatobi yaitu diantara bln. Oktober s/d awal Desember serta bln. April-Juni. Waktu itu laut berombak kecil hingga mempermudah untuk lakukan perjalanan serta tambah nyaman untuk berenang atau snorkeling.

wakatobi patuno resortwakatobi island

Untuk tempat bermalam, ada hotel kelas melati hingga resor dengan tarif dari Rp 50.000 per orang per malam hingga Rp 1.750.000 per kamar per malam per kamar. Juga, ada resor di Tomia yang sediakan paket kamar meraih harga Rp 75.000. 000 per malam.

Untuk merekam keindahan bawah laut, waktu ini ada kamera tahan air. Atau, Anda cukup memakai kamera umum dengan dilengkapi kantong tahan air yang di jual dari harga Rp 50.000, sesuai dengan type serta spesifikasi kamera. Ayo jelajah Wakatobi!