Wiasata di Pulau Nias

Pulau Nias Sumatera Utara – Nias merupakan sebuah kabupaten yang beribukota di Gunungsitoli. Pulau ini mencakup luas 5.000 km2 dan terletak di bagian barat Sumatra. Bertetangga dengan Pulau Simeulue, Pulau Mentawai dan Pulau Enggano. Gunungsitoli sebagai pusat administratif kabupaten menjadikannya sebagai pintu gerbang wisata yang menawarkann berbagai fasilitas bagi wisatawan, terutama penginapan dan transportasi ke pantai-pantai untuk surfing yang masih sulit dijangkau.

9
Pantai Lagundri menjadi magnetnya surfer. Pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat lomba surf tingkat dunia karena ombak yang dimilikinya pun tak kalah dengan yang di Hawaii. Pantai dengan ombak tenang pun menarik perhatian wisatawan dengan pasir putih yang landai, air laut hijau tosca, nyiur melambai, angin sepoi-sepoi dan sinar matahari hangat – paduan sempurna untuk menghilangkan stres.

Desa adat Bawomataluo terkenal dengan tradisi olahraga lompat batu-nya yang disebut Fahombo, tradisi ini pernah dicetak di mata uang seribu rupiah yang merupakan sebuah ujian bagi laki-laki yang ingin menikah. Hanya laki-laki yang berhasil melompati batu yang layak untuk menikahi gadis pujaannya dan dianggap dewasa.
10
Desa Bawomataluo terletak di Nias Selatan. Di desa inilah kamu dapat menyaksikan rumah-rumah adat Pulau Nias yang tahan gempa dan masih berdiri kokoh. Di dekat desa ini terdapat sebuah pantai dengan pemandangan sunset yang indah, yaitu pantai Soroake. Pantai ini juga menjadi lokasi surfing populer bagi wisatawan mancanegara. Jaraknya dengan Pantai Lagundri hanya 2 kilometer. Dalam perjalanan pulang dari Soroake ke Gunungsitoli, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang menakjubkan. Salah satunya adalah Batu Geser yang bawahnya berlubang tergerus ombak.

Nias mempunyai sebuah bandara kecil yang diberi nama Binaka. Udara adalah jalur paling cepat untuk mencapai Pulau Nias. Dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam dari Bandar Udara di Medan ke Bandara Binaka. Apabila Anda mengambil jalur ini, maka Anda dapat menemukan harga tiket pesawat murah ke Medan. Dari bandara ke Gunungsitoli, gunakan jasa taksi atau angkot. Untuk penginapan, terdapat banyak penginapan dengan tarif backpacker di Gunungsitoli dan Pantai Soroake. Untuk makanan, bagi yang muslim harus ekstra teliti dan jeli membaca tulisan halal pada warung makan.