Wisata Alam Waduk Jatiluhur

Sampai kini waduk Jatiluhur di kenal sebagai tempat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Walau demikian Waduk Jatiluhur sesungguhnya mempunyai pemandangan alam yang bagus. Karena sangat luasnya area waduk yaitu sekitar 8. 300 ha, bikin waduk ini seperti layaknya di pantai dengan sebagian bukit yang mengelilinginya. Tak hanya dipakai untuk PLTA waduk jatiluhur juga dipakai untuk mengairi sawah-sawah masyarakat serta untuk pengendalian banjir. Belum lama ini waduk jatiluhur mulai di kembangkan untuk obyek wisata. Sebagian sarana mulai di bangun seperti water world, hotel, restaurant, camping ground, fasilitas untuk olah raga air dan lain-lain. Hal semacam ini memperoleh tanggapan positif dari beberapa wisatawan. Sebagian pengunjung baik dari daerah sekitar ataupun luar daerah berduyun-duyun untuk berwisata di Waduk Jatiluhur.
waduk jatiluhur

Waduk Jatiluhur terdapat di Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat sekitar 9 Km dari pusat Kota Purwakarta. Setelah dikerjakan penataan serta pengelolaan secara profesional lokasi wisata di Waduk Jatiluhur diberi nama Grama Tirta Jatiluhur. Nama itu di ambil dari bhs sansekerta yang memiliki makna kampung air. Di Lokasi Waduk Jatiluhur ada wahana permainan air yang bernama water world. Didalamnya ada 4 kolam yang terbagi dalam kolam renang olimpic, kolam dangkal, kolam untuk anak-anak, serta kolam untuk orang dewasa. Beberapa sarana yang khas dengan wahana permainan air seperti papan seluncur, ember tumpah, Bungge trampolin juga telah disiapkan. Sahabat dapat juga menikmati pemandangan alam di lokasi waduk jatiluhur dengan berkeliling dengan memakai perahu motor. Berkeliling waduk pada sore hari menantikan event sunset yaitu saat-saat yang romantis terlebih berbarengan sang idaman hati. Bila ingin yang lebih menantang, sahabat dapat berkeliling waduk dengan memakai kayak. Kayak adalah perahu kecil yang cuma muat satu orang saja, serta cara menjalankanya yaitu dengan di dayung. Waktu sahabat mulai mendayung ke tengah waduk, hembusan angin yang cukup kencang bakal menaikkan sensasi tersendiri.
img_20120318221620_4f65fc44bdcd4
Bila perut sudah mulai keroncongan maka waktunya untuk mencari santapan. Diatas waduk jatiluhur ini ada perkampungan atau lebih tepatnya kampung air yang menjual anekan makanan. Nikmati lezatnya ikan bakar dengan es kelapa muda yaitu pilihan yang pas sembari menikmati panorama waduk yang membentang luas. Jika mau mencari penginapan di seputar waduk jati mulia tidak usah cemas. Sebagian penginapan dimulai dari bungalow, hotel dengan kelas standard, deluxe, super deluxe sampai suite room semua ada di sini.