Wisata Bahari di Pulau Malenge

Pulau Malenge Sulawesi Tengah – Pulau ini terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Papan yang dihuni suku Bajoe dan Pulau Kadoda yang terdapat cottage meliputi 8 kamar. Uniknya, kedua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu panjang yang memukau sejauh 1.800 meter.

17
Layaknya pulau-pulau eksotis di kawasan Kepulauan Togean, pesona biota laut dan terumbu karang menjadi daya tarik utama pulau ini. Pun demikian dengan pantainya yang putih bersih bersanding sempurna dengan birunya air laut.

Wisata bahari seperti snorkeling dan diving sudah pasti bisa dilakukan di Pulau Malenge. Tak hanya itu, pulau ini pun menawarkan kegiatan trekking menjelajah hutan tropis yang asri dan alami. Didalamnya berbagai jenis flora dan fauna bisa menjadi hiburan tersendiri bagi anda pecinta petualang. Satu diantara satwa endemik yang bisa ditemukan di hutan ini yaitu Monyet Togean yang dikabarkan hampir punah ini.

18
Kehidupan penduduk lokal di Pulau Malenge yang biasa disebut perkampungan Suku Bajo menjadi bonus pemandangan unik saat mengunjungi pulau ini. Kehidupan masyarakat yang sederhana tercermin dari rumah-rumah kayu yang mereka diami, berdiri diatas air dangkal. Jembatan kayu dibuat untuk jadi penghubung antar rumah dan antar desa yang ada di pulau ini.

Ada beberapa pilihan akomodasi untuk menginap di Pulau Malenge, dengan tarif kamar sekitar 150 ribu rupiah per malam. Ini sudah termasuk makan 3 kali. Paket wisata snorkeling dan diving dapat disewa dari penginapan tersebut, termasuk untuk sewa kapal motor. Waktu paling asyik mengunjungi pulau ini adalah Juli hingga November.

Untuk sampai ke Pulau Malenge, bila dari Jakarta, anda harus memesan penerbangan ke Palu dengan harga tiket mulai dari 700 ribu – 1 juta rupiah. Selanjutnya dari Bandara Mutiara, Palu anda dapat menyewa taksi bandara menuju travel dengan ongkos sekitar Rp 50 ribu. Nah, travel ini akan membawa anda menuju Ampana dengan tarif sekitar Rp 110 ribu. Berikutnya lanjutkan perjalanan dengan perahu atau feri dari Ampana ke Malenge.

Untuk jadwal pulang, travelers harus memastikan benar waktu dan jam semua transportasi yang anda gunakan saat datang. Selain itu, sebelum berkunjung pastikan anda membawa perbekalan air minum yang banyak, makanan ringan/instan, obat-obatan, uang tunai, lotion antinyamuk dan sebagainya. Jangan lupa beri kabar kepada orang terdekat sebelum berangkat karena tidak ada sinyal ponsel yang tertangkap di Malenge. Selamat berlibur!