Wisata Bahari di Pulau Poya Lisa

Pulau Poya Lisa Sulawesi Tengah – Pulau ini mungkin luasnya hanya 5 hektar dan termasuk kecil untuk ukuran pulau-pulau lain yang menawarkan wisata bahari. Meski begitu, pesona pantai dan keindahan biota lautnya tidak kalah dengan yang lainnya. Pulau mungil ini populer disebut Pulau Poya Lisa.

5
Terisolir sejenak dari hiruk pikuk kota yang menjenuhkan dan menghabiskan waktu di pulau ini bisa menjadi relaksasi yang sempurna. Pulau terpencil nan eksotis ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Dapat ditempuh dengan menggunakan kapal motor selama 10 menit dari Bomba.

Pesona Pulau Poya Lisa selalu meninggalkan kesan tersendiri bagi wisatawan yang pernah menyambanginya. Mereka, termasuk wisatawan mancanegara selalu memuji keindahan pulau ini. Hal tersebut sangat beralasan. Bagaimana mungkin tidak jatuh cinta saat melihat hamparan laut biru yang luas dan sebening kristal yang berkilauan indah saat terkena sinar matahari.

6
Belum lagi terumbu karang yang cantik dan alami yang berada tak jauh dari pantai seolah ingin ‘disapa’ bersama ikan-ikan kecil yang tak kalah cantik. Di Pulau Poya Lisa, travelers bisa snorkeling dan menikmati pantainya seharian, serasa milik pribadi.

Kenyataannya, pulau ini memang milik pribadi yaitu Bapak Ismail, seorang mantri kesehatan di Bomba. Bersama sanak saudaranya, Bapak Ismail mengelola pulau ini sejak belasan tahun. Nama ‘Poya’ diambil dari nama orang yang pertama kali menanam pohon kelapa di pulau ini sekaligus menjadikannya pemilik pulau, yang kemudian dibeli oleh Bapak Ismail. Sedangkan nama ‘Lisa’ diambil dari nama seorang perempuan Jerman yang menghabiskan waktu cukup lama di pulau ini.

Ada 4 cottage yang bisa dipilih untuk bermalam di pulau ini dengan tarif per malam sekitar 150 ribu rupiah. Tarif ini sudah termasuk makan 3 kali. Makanan yang disediakan pun cukup memanjakan lidah dan bervariasi. Semua kenikmatan yang travelers rasakan di pulau ini semakin istimewa dengan keramahtamahan pengelola pulaunya.

Jika berminat mengunjungi Pulau Poya Lisa, sangat disarankan untuk berbekal air minum yang banyak karena ketiadaan sumber air tawar di sini. Uang tunai, obat-obatan dan lotion anti nyamuk juga sangat berguna. Sinyal ponsel mungkin tidak ada namun anda bisa membawa kamera untuk mengabadikan semua moment indah di pulau mungil ini.