Wisata Gunung Tangkuban Perahu

gunung-tangkuban-perahu

 Gunung Tangkuban Perahu yaitu satu diantara gunung berapi yang ada di Jawa Barat. Disebut Tangkuban Perahu dikarenakan memiliki bentuk menyerupai dengan perahu terbalik. Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 2. 084 mdpl. Ada beragam hutan disana, yakni hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane, serta hutan ericaceous. Tangkuban Perahu pernah meletus pada tahun 1910 serta membuat banyak kawah yang kerap keluarkan asap belerang ke dataran rendah yang ada di bawahnya.

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu pada puncaknya berbentuk memanjang serupa dengan perahu yang terbalik serta tidak sering dipunyai gunung berapi biasanya. Di lereng gunung ada hamparan kebun teh yang luas hingga menaikkan daya tarik gunung ini. Dari puncak gunung, Anda bisa nikmati indahnya panorama alam serta kesejukan hawa sembari menyaksikan situasi kota Bandung.
gunung-tangkuban-perahu-2
Terdapat banyak kawah yang bisa Anda kunjungi di sekitar Tangkuban Perahu, yakni Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, serta Pangguyangan Badak. Kawah Ratu, Kawah Upas, serta Kawah Domas adalah kawah yang paling kerap dikunjungi. Kawah Ratu berupa seperti mangkok raksasa. Bila cuaca cerah, Anda bisa lihat dinding serta dasar cekungan kawah ini dengan terang. Kawah Ratu adalah kawah paling besar yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas.

Kawah Upas memiliki bentuk cukup dangkal serta datar di bagian bawahnya hingga ditumbuhi pohon-pohon liar di salah satu sisi dasar kawah. Kawah Domas bentuknya berbentuk cekungan yang mengeluarkan sumber air panas. Panas sumber air panas yang memiliki kandungan belerang itu, bisa Anda gunakan untuk membersihkan badan.
Tangkuban-Perahu

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu terdapat di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat. Jaraknya 30 km dari kota Bandung. Perjalanan bisa ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bila Anda bertolak dengan kendaraan pribadi dari arah Subang ataupun Lembang, untuk sampai ke lokasi lewat pintu masuk ke-2, maka perjalanan mengarah ke utara dari bumi perkemahan dengan jarak tempuh sekitar 3 km.