Wisata Pasar Terapung Lembang

lmb05

Kota Bandung memanglah tak bisa dipisahkan dari julukan kota wisata. Beragam jenis obyek wisata bisa didapati di ibukota Jawa Barat ini. Walau Bandung tak mempunyai sungai besar seperti sungai Barito di Kalimantan, di Bandung kita bisa merasakan sensasi wisata seperti pasar terapung Muara Kuin di Kalimatan, atau pasar terapung Damnoen Saduak di Ratchaburi, Thailand. Tepatnya yaitu Floating Market Lembang, yang terletak di daerah Bandung Barat, tepatnya di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Terinspirasi dari dua pasar terapung di atas, Floating Market Lembang ini berdiri di atas danau alami bernama Situ Umar. Obyek wisata ini di buka dari 12 Desember 2012. Di Floating Market Lembang kita bisa temukan beragam jenis jajanan kuliner yang di jual dari 46 perahu yang terapung di danau yang cukup besar. Seperti tempe, mendoan, jagung bakar, colenak, ketan bakar, duren bakar, serta ada banyak lagi.
1.Liburan-Unik-dan-Seru-di-Pasar-Apung-Bandung.3
Tetapi perahu yang jual bermacam hidangan kuliner di sini sedikit tidak sama dengan pasar terapung yang ada di Muara Kuin, Kalimantan. Perahu pedagang di sini diparkir serapih barangkali hingga beberapa pengunjunglah yang hilir mudik hampiri perahu ini.

Di sekitar danau diletakkan sebagian joglo serta gazebo kecil untuk beristirahat sembari nikmati panorama sekitar. Di salah satu sudutnya ada Kampung Leuit yang mempunyai leuit-leuit tempat beristirahat ditemani miniatur sawah hingga membawa pengunjung seakan ada di area sawah sebenarnya.

Melani, marketing communication Floating Market Lembang menyampaikan bila tempat ini didatangkan untuk alternatif pariwisata di Jawa Barat. “Kita ingin bikin tempat rekreasi serta kuliner, hingga bila orang ke Lembang ingin mencari makan, akan mengarahkannya ke Floating Market Lembang, jadi tak hanya makan, anak-anaknya bisa sembari rekreasi juga”.

Tak hanya nikmati jajanan kuliner yang di jual di atas perahu, beberapa pengunjung di Floating Market Lembang bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu kano, paddle boat, sampan, serta sepeda air. Di Floating Market Lembang juga ada permainan adventure, seperti Flying Fox serta ATV. Selain itu, pengunjung kelompok anak-anak dapat juga rasakan pengalaman memberi makan kelinci, serta bebek. Ada juga kebun strawberry serta sayuran organik yang bisa dipanen oleh pengunjung. Beberapa meter disamping pasar terapung, bisa didapati juga sebagian restoran serta factory outlet.
IMG_4945
Untuk masuk ke Floating Market Lembang, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 10. 000/orang. Cost ini telah termasuk welcome drink. Untuk berkeliling danau memakai wahana air, harga nya berkisar dari Rp 30. 000 – Rp 70. 000. Harga makanan yang di jual di perahu terapung juga bermacam, dimulai dari Rp 10. 000 anda sudah bisa nikmati sajian kuliner tradisional. Serta uniknya, semua wujud transaksi di Floating Market Lembang ini dilakukan dengan memakai koin spesial yang ditukarkan ditempat yang sudah disiapkan.