Wisata Pulau Simping (Pulau Terkecil Didunia)

Kalimantan Barat yang terdapat di Indonesia mempunyai eksotisme yang mengagumkan. Salah satunya yaitu Monumen Khatulistiwa, sungai Kapuas yang populer akan keindahanya. Serta beragam pemandangan alam yang masih perawan. Belum lagi kekhasan penduduk sekitarnya. Benar-benar luar biasa…!!!

travel_pulausimping
Dari beragam objek menarik yang ada di Kalimantan Barat, ada satu diantara keajaiban yang dilirik oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Yaitu Pulau Simping, pulau paling kecil didunia. Pulau ini pada mulanya di kenal dengan sebutan Pulau Kelapa Dua terdapat di Teluk Mak Jantu, tepatnya di lokasi Taman Pulau Sinka, Singkawang.Pulau Simping terbagi dalam pasir serta batu, serta sebagian pohon diatasnya. Didalam pulau ini ada kelenteng disinilah beberapa penghuni yang keturunan Cina memanjatkan doa.

Untuk para wisatawan dapat nikmati panorama pantai yang indah, hamparan pasir, laut yang biru serta perbukitan mini di sekitar Pulau Simping. Tak heran, bila pulau yang indah ini jadi tujuan berlibur keluarga. Bila anda mau liburan ke Pulau Simping, lokasi ini benar-benar gampang di jangkau. hanya memerlukan waktu 3 hingga 4 jam dari Pontianak ke Pulau Sinka sebagai pulau penghubung. Seperti yang tampak dalam gambar orang-orang yang menuju ke Pulau Simping cuma melalui jembatan. Sembari jalan kaki dan dapat menimati deru ombak serta hempasan angin laut yang lembut.

Panoramanya juga asri. Walau air lautnya tidak cukup jernih, panorama di sekelilingnya cukup menggoda. Dari pulau mungil itu, ke arah daratan Kalimantan, kita bisa nikmati rimbunnya perbukitan, laksana permadani hijau menghampar luas.
Kedalaman laut di sekitar pulau tergolong dangkal. Jadi, perairan ini cukup aman untuk kita untuk sebatas bermain-main air laut di pantai.
Hembusan ombaknya juga cukup lembut dengan kata lain tidak ganas. Maklum, Pulau Simping ada di suatu teluk hingga secara alami memanglah terlindung dari ganasnya gelombang laut. Di pulau kecil itu juga sudah di bangun klenteng. Bangunan mini itu, oleh warga Tionghoa lokal, dipakai untuk melakukan ritual sembahyang.

DSC_1420
Jadi, bila Anda penasaran, silahkan saja jelajahi pulau tersebut . Terlebih bila Anda sudah berada di Pontianak, sempatkan waktu sesaat untuk melongok Pulau Simping.