Menu Tutup

WISATA UMBUL SIDOMUKTI, BERENANG DI ATAS GUNUNG HINGGA TERBANG MENYEBERANGI JURANG

Jawa Tengah, Wisata Alam

UMBUL SIDOMUKTI JAWA TENGAH

Kawasan wisata ini adalah salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang yang berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini juga dilengkapi fasiltas hiburan antara lain : Outbound Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut membuat hawa sangat dingin di lokasi ini. Berjarak 23 km. dari kota Semarang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor.

WAHANA UMBUL SIDOMUKTI

Pengelola berusaha menyediakan semua kebutuhan para pengunjung dalam satu lokasi. Ini adalah beberapa wahana yang tersedia di wisata umbul sidomukti.

* TAMAN RENANG ALAM

Terdapat tiga buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter dan kolam anak dengan kedalaman 30 cm. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan karena langsung dari sumber mata air pegunungan Ungaran. Terdapat air mancur setinggi 1,5 meter dipinggir kolam. Letak kolam yang terbilang tinggi membuat pengunjung bisa berenang sambil menikmati pemandangan hamparan hutan gunung Ungaran dengan kabut awannya.

Kolam Alam

Disediakan pula gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat nongkrong menikmati hawa sejuk kawasan Bandungan. Adapula rumah makan bagi para pengunjung untuk bersantap dengan menu seperti soto, bakso, mie ayam dll.

* AREA OUTBOUND DAN ADRENALINE GAMES

Selain kolam alam ada juga fasilitas dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sini. Terdapat lintasan Flying Fox, taman berani, Marine Bridge, Rapeling menuruni lembah, Sirkuit ATV, Jalur Tracking, Highest Triangle, Camping Ground, Little Ranch, bahkan Paralayang.

  • Flying Fox Menyeberangi Jurang

Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi jurang, jadi seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm. Seperti biasa, flying fox dapat dilakukan dengan memilih gaya terlungkup seperti superman sedang terbang, atau seperti gaya biasanya.

BACA JUGA : MENGINTIP PESONA GUNUNG MERAPI DI KETEP PASS

Flying Fox menyeberangi jurang
foto : http://www.instagram.com/rlsptr

Mungkin ini adalah salah satu flying fox tertinggi di Indonesia. Dan salah satu flying fox paling mendebarkan, karena melintasi jurang diantara dua lembah bukit. Dengan harga tiket sebesar Rp. 25.000 saja kita bisa memacu adrenalin melintasi jurang diatas ketinggian.

  • Highest Triangle

Sebuah wahana ekstrem lain di tempat ini adalah highest triangle. Satu lintasan jembatan yang terdiri dari tiga jembatan dengan kesulitan yang berbeda. Jembatan gantung, jembatan dengan papan kayu selebar telapak kaki, dan jembatan tali. Semua jembatan terhubung dengan tiga gardu yang membentuk segitiga. Kita perlu membayar harga tiket sebesar Rp. 45.000 untuk masuk wahana ini.

Highest Triangle yang menantang di Umbul Sidomukti
foto : Rutemu.com
  • Marine Bridge

Mau menyeberangi jurang lagi tapi dengan cara yang berbeda? Marine Bridge jawabannya. Dengan panjang 50 meter dan ketinggian dari tanah 30 meter, marine bridge menawarkan sensasi berbeda. Menyeberangi jembatan tali layaknya para prajurit. Saat berada ditengah biasanya jembatan akan bergoyang dengan sendirinya, disertai terpaan angina yang cukup kencang menambah seru petualangan di adrenalin games ini. Cukup dengan ongkos  sebesar Rp. 20.000 kita akan tau sensasinya.

Wahana Marine Brigde yang menantang
foto : http://www.instagram.com/ragentar_outbound
  • ATV

Menjadi salah satu wahana favorit dengan harga tiket ATV sebesar Rp. 30.000, kita bisa balapan dengan teman-teman melintasi trek yang ada sebanyak tiga putaran. Terdapat obstacle atau rintangan yang harus dilalui, seperti tanjakan dan turunan, kubangan lumpur dan trek berbatu menambah keseruan berlibur di Umbul Sidomukti.

Memacu ATV di trek yang menantang tapi aman bersama keluarga
  • Paralayang

Terbang sambal menikmati hamparan hutan dan kota Semarang dari ketinggian dengan Paralayang. Jika ingin mencobanya kita harus mendaftar di Pondok Lesehan Ikan Bakar dengan harga tiket sebesar Rp. 350.000. Setelah itu kita akan berangkat menuju tempat penerbangan di kaki gunung Ungaran. Lalu kita akan terbang dengan paralayang selama 15 menit. Tentu saja dengan terbang tandem bersama ppemandung yang berpengalaman.

Terbang dengan Paralayang di Umbul Sidomukti
Foto: jejakpiknik.com

Harga Tiket Umbul Sidomukti

HTM                            : Rp. 4.000, Rp. 5.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Tiket parkir mobil      : Rp. 2.000

Flying Fox                   : Rp. 25.000 (panjang total 110 m.)

Tiket Marine Bridge : Rp. 20.000

Tiket Rapeling            : Rp. 6.000

Tiket ATV                    : Rp. 30.000 untuk 3x putaran ATV.

Tiket Paralayang        : Rp. 350.000

Selain tiket reguler, pengelola juga menawarkan paket untuk kelompok berisi minimum 20 orang untuk corporate event seperti trekking.

RUTE UMBUL SIDOMUKTI

  1. DARI KOTA SEMARANG

Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju arah Ungaran, sampai menemukan pom bensin Lemah Abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan dengan garupa dengan tulisan Kawasan Wisata Candi Gedong Songo. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuliskan Sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Wisata Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

  • DARI KOTA SOLO

Dari kota Solo melewati jalur kearah kota Semarang sampai Rumah Sakit Ken Saras disebelah kiri jalan. Kemudian akan dijumpai gapura bertuliskan Wisata candi Gedong Songo. Masuk gapura dan melaju sampai Pasar Jimbaran, lalu masuk gang sesuai petunjuk jalan ke lokasi Wisata Umbul Sidomukti.

  • DARI KOTA JOGJA

Para pengunjung bisa melalui rute Jogja – Ambarawa sampai di kota Semarang. Menuju ke arah Bandungan dengan garupa dengan tulisan Kawasan Wisata Candi Gedong Songo. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuliskan Sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Wisata Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Keterangan : Bus ukuran besar tidak bisa masuk ke area ini karena jalannya sempit, bus mini atau bus ukuran kecil untuk masuk perlu sopir dengan kemampuan sangat bagus. Keindahan pesona alam Kawasan wisata umbul Sidomukti memang mempesona, untuk jalan-jalan keluarga maupun corporate event bisa menjadi salah satu pilihan tujuan yang tepat.

Bagaimana? Saat anda berlibur ke kota Semarang, sempatkan waktu mengunjungi Umbul Sidomukti dan menjajal semua wahananya. Selain seru kita juga bisa merasakan sejuknya udara gunung Ungaran.

Ayo ajak teman, keluarga, sahabat, atau pasangan berkunjung ke wisata Umbul Sidomukti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *