SISTEM NOKEN, TATA CARA DAN TEKNIS PELAKSANAANNYA

Logo KPU

Pemilu di Papua menjadi sorotan dengan masih adanya pemilu sistem noken, lalu apa itu pemilu sistem noken? Berikut adalah ulasann,pengertian sistem noken dan cara pelaksanaannya.

Papua adalah surga bagi Indonesia, selain keindahan alam dan kebudayaannya, juga hasil kekayaan alam yang ada di Papua. Namun papua sejak dahulu seperti dianak tirikan. Para elit hanya peduli dengan kekayaan alam Papua saja. Mungkin itu salah satu faktor kenapa masyarakat Papua masih tertinggal. Tak ayal ada saja sekelompok kecil masyarakat Papua yang ingin memerdekakan diri (OPM).

Namun sekarang perlahan Papua mulai bangkit. Infrastruktur perlahan menggeliat di Papua. Yang paling krusial adalah proyek ambisius pemerintah pusat yang ingin menyambungkan Papua dengan megaproyek Trans Papua. Memang bukan pekerjaan mudah, tapi harus dilakukan sekarang agar masyarakat papua segera bangkit sejahtera, memiliki daya saing juga tumbuhnya ekonomi masyarakat sehingga Papua tak lagi tertinggal.

Bayangkan saja, masyarakat disana harus menempuh perjalanan berhari-hari bahkan sampai berminggu untuk menuju tempat lain. Seperti ke pasar untuk menjual hasil pertanian atau mengunjungi saudara. Waktu yang sangat lama itu karena tidak adanya jalan. Mereka menerobos hutan belantara untuk sampai ditujuan. Sangat menyedihkan. Bagai mana tidak, kita yang hidup di Jawa mau keluar kota atau kemanapun bisa sampai dengan cepat.

Tapi semenjak dibangunnya jalan Trans Papua, perjalanan masyarakat sekarang jadi lebih cepat. Yang dulu empat sampai tujuh hari, sekarang bisa ditempuh hanya dengan beberapa jam. Meskipun belum semua jalan yang dibangun diaspal. Perjuangan pemerintah dibantu TNI yang membuka jalan untuk menyambungkan Papua mulai membuahkan hasil. Masyarakatpun bahagia.

PEMILU DI PAPUA

Ketua KPU Papua Theodorus Kossay mengatakan ada 12 kabupaten yang akan menggunakan sistem noken pada pemilu serentak 2019 ini. Kabupaten tersebut seluruhnya ada di kawasan Pegunungan Tengah.

Yaitu Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Mamberamo Tengah, Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiai, Yahukimo, dan Kabupaten Intan Jaya. Hanya ada dua wilayah yang tidak menggunakan system noken dikawasan Pegunungan Tengah, yaitu Kabupaten Yalimo dan Pegunungan Bintang.

“Memang benar penggunaan system noken saat ini sudah sesuai diatur dalam PKPU” ujar Kossay.

pemilu sistem noken

 Selain kesiapan logistik pemilu, kesiapan keamanan menjadi sangat krusial. Menurut Kapolri Jenderel Tito Karnavian, Papua masih menjadi perhatian Polri sebagai kawasan rawan konflik dalam pelaksanaan pemilihan legislative dan pemilihan presiden. Salah satu penyebabnya berkaitan dengan sistem noken yang masih digunakan di Papua.

“Ada kelompok-kelompok bersenjata ini menjadi atensi pak Panglima (TNI) dan saya” ujar Jenderal Tito Karnavian. Menurut dia, hal itu masih bisa diatasi selama TNI dam Polri kompak dan dapat dukungan dari masyarakat.

BACA JUGA : NOKEN, KERAJINAN KHAS FUNGSI DAN FILOSOFI MASYARAKAT PAPUA

APA ITU SISTEM NOKEN?

Noken adalah tas tradisional asli Papua yang terbuat dari pintalan serat kayu dan akar. Noken juga menjadi salah satu kerajinan khas Papua dan jati diri masyarakat Papua. Namun dalam sistem pemilu, itu adalah tata cara pemilihan yang di gunakan di sebagian kawasan Papua.

Pada sistem ini ada dua pola dari fungsi noken. Pertama, pilihan suara seluruh anggota suku atau diwakilkan kepada suku masing-masing atau aklamasi. Kedua, noken difungsikan menjadi pengganti kotak suara. Regulasi teknis ini dituangkan dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2017 dan Keputusan KPU Papua Nomor 1 tahun 2013.

Lalu bagaimana tata cara sistem noken? Berikut WOWmin uraikan.

TATA CARA DAN TEKNIS SISTEM NOKEN

surat suara dimasukan ke dalam noken

Para pemilih yang telah mendapat kartu pemilih datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Didepan bilik disiapkan Noken kosong sebagai ganti kotak suara. Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah caleg atau pasangan calon presiden maupun kepalad daerah yang menjadi peserta dalam pemilu.

Setelah semua pemilih telah hadir di TPS, kemudian KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) mengumumkan kepada para pemilih. Pemilih yang mau memilih kandidat supaya berbaris didepan Noken sesuai nomor urut kandidat yang akan dipilih. Setelah semua berbaris, KPPS akan menghitung jumlah orang yang ada di barisan noken sesuai nomor urut kandidat. Setiap orang yang berbaris dihitung satu suara per kepala. Kemudian setelah selesai, KPPS membuat berita acara dan sertifikasi hasil penghitungan suara yang ditandatangani oleh KPPS dan saksi dari partai politik ataupun kandidat.

Dalam sistem noken tersebut, cara yang populer adalah warga mendukung pilihan kepala sukunya yang selanjutnya menetapkan sikap lewat surat suara yang dimasukkan pada noken. Cara kedua, pemilih bisa memasukkan sendiri surat suara ke dalam noken, dikoordinir kepala suku.

Sistem Noken adalah bagian dari kearifan local masyarakat Papua dan Mahkamah Konstitusi (MK) mengakui dan mengesahkan sistem noken, sesuai Keputusan MK Nomor 47-48/PHPU.A-VI/2009 yang sesuai dengan pasal 18B ayat (2) UUD 1945 yang berbunyi,

“Negara mengakui dan menghormati kesatuan kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam Undang –undang”.

Demikian ulasan WOWmin tentang Sistem Noken, tata cara dan teknis pelaksanaannya, semoga bermanfaat.

NOKEN, KERAJINAN KHAS FUNGSI DAN FILOSOFI MASYARAKAT PAPUA

Noken Papua

Noken merupakan kerajinan tas rajut dari kulit kayu atau benang sintesis khas Papua. Rajutan ini dibuat oleh kaum wanita di Papua. Biasanya noken terbuat dari kulit kayu manduam, nawa, anggrek hutan, atau genemo dan serat pohon yonggoli dan pohon huisa. Kulit kayu diolah, dikeringkan, kemudian dipintal menjadi benang. Pewarna yang dipakai merupakan pewarna alam, seperti beberapa jenis buah hutan.

Dahulu Noken dibuat karena suku Papua membutuhkan sesuatu yang dapat memindahkan barang ke tempat yang lain. Tapi sekarang para wanita di Papua sudah jarang yang bisa membuat Noken padahal itu adalah warisan budaya yang menarik.

CARA MEMBUAT NOKEN

Noken kerajinan tas khas Papua

Untuk membuat sebuah noken, perlu waktu 1-3 minggu. Tahap pembuatannya pertama – tama Kulit kayu ditumbuk, kemudian dilakukan proses pengawetan yaitu dengan merendam ke dalam air agar serat kayu bertambah kuat. Lalu, kulit kayu dipilin menjadi benang seperti tali kecil (string).

Selanjutnya, tali kecil tersebut dianyam menjadi Noken. Saat menganyam dibentuk suatu “cincin” lalu diikat menjadi simpul mati.

Cara menganyam noken pada umumnya mirip dengan teknik crochet yang dikembangkan di Jepang dan negara-negara Eropa.

Namun demikian, para perempuan  Papua memiliki teknik pembuatan noken yang unik dan dikembangkan sendiri oleh mereka. Oleh karena itu noken merupakan karya asli orang Papua dan dewasa ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia di samping kain batik dari Jawa.

Di beberapa daerah, Noken diberi hiasan agar semakin menarik. Hiasan ini terbuat dari kulit pohon anggrek baik yang berwarna kuning, emas atau pun yang berwarna hitam. Noken terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan. Tak hanya terbuat dari kulit kayu, Noken juga dibuat dari benang katun, bahkan ada juga dari benang wol.

Secara filosofis, masyarakat Papua membuat Noken dahulu adalah digunakan untuk melambangkan kedewasaan si perempuan. Karena jika perempuan Papua belum bisa membuat Noken dia tidak bisa dianggap dewasa dan itu merupakan syarat untuk menikah.

Dan secara adat, laki-laki papua tidak diperbolehkan membuat Noken, karena Noken melambangkan kesuburan seorang perempuan.

Yang menarik dari Noken ini adalah hanya orang Papua saja yang boleh membuat Noken.

FUNGSI NOKEN BAGI MASYARAKAT PAPUA

Noken sebagian besar dimanfaatkan masyarakat di pedesaan atau pegunungan Papua untuk membawa ternak, kayu api, atau hasil kebun yang dipanen dari kebun baik sayur, umbi-umbian ataupun buah untuk dijual di pasar atau sebaliknya.

Pelajar dan mahasiswa juga banyak yang menggunakan Noken, berukuran kecil, untuk membawa buku dan alat tulis atau kebutuhan pribadi. Kaum bapak memanfaatkan Noken untuk membawa buah pinang, sirih, maupun tembakau ketika hendak bersosialisasi dengan teman dan kerabatnya.

Sedangkan kaum ibu juga memfungsikan Noken sebagai gendongan bayi atau baby carrier. Seorang ibu kadang membawa dua buah Noken bahkan lebih.

Saat menggunakan noken, beban tidak berada di pundak. Ujung tas Noken ditempatkan di atas kepala yang dekat bagian dahi.

Mama-mama Papua menggunakan Noken di dahinya

Orang-orang Papua biasa membawa Noken dengan cara yang unik, seperti gambar diatas ini, yaitu menggantungkan talinya di kepala dan membiarkan tas menggantung di punggung mereka. Untuk membawa lebih dari satu noken, mereka menggantungkannya secara bersusun, mulai yang terbesar hingga terkecil.

NAMA LAIN NOKEN

Di tempat yang berbeda di Papua, noken juga sering punya sebutan yang berbeda. Noken dalam Bahasa Biak biasa disebut

Inokson , suku Marind – Merauke menyebutnya Mahyan, suku Moor menamai Aramuto  dan suku Dani menyebut Su. Di daerah Paniai-Nabire misalnya, noken disebut Agiya. Di daerah Sentani, disebut Holoboi. Ada juga noken besar yang hanya dipakai oleh kaum bangsawan, yang disebut Wesanggen.

Ada sekitar 250 suku di Papua, masing-masing mempunyai kekhasan untuk noken mereka. Yang jelas, noken melambangkan kesuburan, serta persatuan, kesatuan, dan kedamaian rakyat Papua.

Sejak tanggal 4 Desember 2012, Noken masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan mendesak.

NOKEN DAN PEMILU

Tahukah kamu pemilu di Papua tak pernah lepas dan selalu terkait dengan Noken? Ya, karena pada pemilu serentak 2019 kali ini saja ada sebanyak 12 kabupaten yang menggunakan sistem Noken. Penggunaan Noken ini sudah diatur dalam peraturan KPU (PKPU)

Kawasan yang masih menerapkan sistem Noken ada di daerah pegunungan tengah. Yaitu kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Mamberamo Tengah, Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiai, Yahukimo, dan kabupaten Intan Jaya. Hanya ada dua kabupaten  di kawasan pegunungan tengah yang tidak memakai sistem ini yaitu kabupaten  Yalimo dan Pegunungan bintang.

BACA JUGA : SISTEM NOKEN, TATA CARA DAN TEKNIS PELAKSANAANNYA

Noken dari tanah Papua memang unik. Bisa jadi tas. Bisa jadi kenang-kenangan. Juga bisa jadi hadiah untuk orang-orang yang kamu sayangi. Noken bisa ditemukan di pasar, pelabuhan, dan bandara di hampir seluruh wilayah Papua. Harganya bervariasi dari Rp. 100.000 hingga 500.000 per buah, tergantung pada ukuran dan motif yang menghiasi setiap noken.

……..***

Mari kita jaga warisan budaya leluhur kita. Jangan sampai budaya dan kearifan lokal asli Indonesia hilang ditelan perkembangan jaman. Kaum muda wajib melestarikan semua warisan budaya, terutama para putra putri daerah.

Jangan kita bereaksi justru setelah dicuri atau diakui oleh negara lain. Mari kita jaga harta budaya kita…!!!

TIPS LIBURAN MURAH HEMAT DAN MENYENANGKAN

TIPS JALAN-JALAN

liburan hemat

Tips Liburan Murah – Liburan yang menyenangkan tak harus mahal. Yang paling penting adalah kita bisa merasa senang, dapat di nikmati, menambah pengetahuan, quality time bersama keluarga, serta bisa jadi jurus manjur menyingkirkan stres.

Berikut WOWmin bakal kasih petuah dan wejangan (yaelah kek dukun aja) buat kamu yang mau liburan biar jadi liburan yang berkualitas. Petuah WOW ini WOWmin kasih secara cuma-cuma buat kamu sobatWOW yang baik hati (baikkan saya, hehe…).

Check this out gak pake lama supaya kamu sobat missqueen bisa berhemat serta menikmati perjalanan yang super asyik dengan biaya yang irit.

Survei dan Riset Tujuan Wisata

survei internet
survei internet

Beberapa orang yang melakukan perjalanan wisata biasanya bingung mau ngapain waktu sampai ditempat tujuan. Hal semacam itu bisa terjadi karena sebelum berangkat mereka tidak mencari tahu info tentang kota atau negara yang mau dikunjungi. Ada apa disana, mau ngapain aja, nginep dimana, dst.

Walau sebenarnya tempat-tempat wisata itu pasti menyenangkan, tapi kalo kita gak punya persiapan, pasti liburan bisa jadi kurang greget. Semua info tempat wisata baik dalam maupun luar negeri saat ini banyak  terpampang nyata di internet atau di buku-buku referensi tempat wisata.

Survei lewat internet untuk persiapan sebelum berangkat sangat penting dilakukan. Karena kamu bisa tahu berapa perkiraan biaya yang diperlukan, misal harga tiket masuk, harga tiket pesawat, harga hotel dan kalo beruntung kamu juga bisa tau kalo ada potongan harga yang menarik.

Atau bisa juga untuk mencari informasi tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional atau bahkan langsung ditempat pembuatan dan pengrajinnya.

Membawa Uang yang Cukup

biaya liburan murah
biaya liburan

Ini sangat penting, sekalipun kamu seorang backpacker yang biasanya punya budget minim setiap kali liburan. Jangan sempai kamu kehabisan uang waktu di perjalanan.

Jadi, pastikan kamu buat rincian keuangan saat liburan biar kamu gak sampai kehabisan uang karena kalap belanja hal yang gak penting, okey..!! Bawalah uang secukupnya karena biasanya ada batasan membawa uang cash dibandara atau imigrasi.

Saat liburan usahakan gunakan uang dengan bijak. Kamu bawa uang udah pasti bukan hanya untuk dibelanjakan seluruhnya kan?. Kamu harus cermat dalam pengeluaran dengan cara mencatatnya. Sekalian menahan diri dari rayuan belanja yang terus menggoda hehe…

Semua Hal Tentang Tiket

tiket pesawat murah
tiket pesawat murah

Pastikan kamu mendapat info tujuan wisata selengkap mungkin. Mulai dari mencari dan mengecek harga tiket pesawat murah atau promo. Bila kamu belum yakin dengan harga nya, check lagi setiap saat, siapa tahu ada penurunan harga.

Sekarang banyak situs dan aplikasi pemesanan tiket di smartphone kamu yang banyak menawarkan promo tiket murah,manfaatkan itu sebaik mungkin. Pas ada promo atau harga turun cepat lakukan pemesanan.

Dan yang tak boleh kamu lupa. Selalu cek tanggal keberangkatan. Jangan sampai kamu telat atau bahkan ketinggalan pesawat gara-gara lupa tanggal penerbangan kamu.

Jangan lupa cek juga harga tiket transportasi lain dan harga tiket masuk wisata. Biar kamu gak kecele saat sudah sampai tujuan demi penghematan. hehe

Tentukan Transportasi Yang Nyaman

pemandangan kereta api
pemandangan kereta api

Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, tetapi biaya yang perlu dikeluarkan juga lebih mahal. Tetapi, kalo kamu ingin menikmati perjalanan darat menggunakan mobil atau kereta, ini bakal jadi pilihan yang mengasyikkan.

Sepanjang perjalanan kamu bisa nikmati pemandangan sekaligus menambah pengetahuan seputar daerah yang dilewati dan kearifan local yang ada disana. Ini bisa jadi bonus dalam perjalanan liburan kamu.

Waktu Yang Tepat Untuk Liburan

waktu liburan
waktu

Biaya perjalanan bakal lebih murah kalo kamu pergi bukan di waktu musim liburan, atau diawal atau akhir tahun. Karena biasanya harga-harga akan ikut naik, meskipun kadang ada juga promo-promo yang cukup menarik dimusim libur.

Diluar itu, kalo kamu menikmati suasana yg sepi dan tidak terlalu ramai karena bebarengan dengan orang-orang yang juga berlibur.  Tentu ini bisa menambah kualitas liburanmu untuk melepas penat karena kesibukan dan rutinitas yang kamu jalani.

Waktu juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai udah datang ditempat wisata buat ngilangin stress eeehhh malah tempatnya full. Hahaha… pasti illfeel banget kan? Bukannya nyantai liburan malah kacau gara-gara salah waktu.

Dan lagi adalah masalah cuaca. Ini harus jadi perhatian kamu kalo mau liburan nyaman, kalo cuaca gak mendukung pasti bikin kamu jadi kecewa.

Ingat…!!! Pergi pas musim berlibur, bikin tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang.

Cek Promo Hotel

hotel murah
hotel murah

Selain mencari hotel yang bagus, lihat juga tarif kamarnya, siapa tahu ada penawaran spesial, seperti bermalam dua malam, akan memperoleh gratis satu malam. Atau service spa gratis untuk yang telah pesan kamar. Di pastikan berlibur Anda pasti akan tambah lebih menarik.

Liburan tak melulu  harus menginap di hotel, bisa juga motel/ hostel. Selain harga yang lebih murah tentu bisa menambah pengalaman treveling kamu.

Transportasi di Tujuan Wisata

Sebaiknya mencari data lebih dahulu perihal daerah yang akan dikunjungi. Satu diantaranya moda transportasi, umpamanya, dari bandara ke hotel. Siapa tahu ada bus yang melalui hotel tempat Anda bermalam. Jadi, tidak perlu mngeluarkan biaya mahal untuk taksi.

Untuk menghemat cost, Anda dapat menyewa mobil sepanjang berwisata. Sangat banyak penyedia sewa mobil yang mempromosikan harga terjangkau. Anda dapat bebas memilihnya dengan meminta rekomendasi dari hotel atau rekan yang sempat bertandang kesana.

Jeli Memilih Tujuan Liburan

Pastikan obyek wisata yang betul-betul unik, bagus, serta ada ciri khasnya. Jangan sampai kamu pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang diminati orang, serta biayanya mahal. Bisa-bisa kamu tidak menikmati, tapi malah jadi kecewa.

Berburu Cinderamata dan Oleh-oleh

cindera mata dan oleh-oleh
cinderamata dan oleh-oleh

Cinderamata memanglah terlihat remeh, namun tidak ada salahnya kamu beli untuk kenang-kenangan bila Anda telah sempat ke tempat itu. Bisa juga jadi oleh-oleh buat keluarga.

Pergi ke pasar tradisional atau berburu langsung ke tempat pembuatannya, nyatanya mempunyai kesan sendiri. Selain dapat lihat segera langkah pembuatannya, harga nya juga umumnya lebih murah, di banding apabila telah masuk ke toko suvenir.

Berlibur Asyik

wisata alam instgramable

Tidak perlu memaksakan diri liburan ke luar negeri. Banyak, kok, tempat-tempat di Indonesia yang mempesona serta tidak kalah menarik dengan diluar negeri.

Baca : Tips Wisata Alam Green Canyon

Atau bisa berlibur didalam kota dan mengeksplore tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sekedar buat hunting spot foto instagramable. Selain kece pastinya lebih hemat kan?.

……………….. { * } ………………..

Jadi semua kembali pada keputusan, kesempatan, serta kemampuan kamu. Sejatinya berlibur adalah untuk refreshing, agar kembali semangat beraktifitas dan lebih produktif lagi.

So, ayo liburan! Luangkan waktu sejenak untuk melepas penat. Tak perlu jauh atau mahal asal berkualitas pasti kamu bakal tambah fresh.

Okey, itulah wejangan mbah dukun WOWmin buat kamu sobatWOW. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mantera mbah WOWmin yah…!!!

“jangan buang sampah sembarangan. Jaga lingkungan kita, bikin Indonesia lebih bersih”

TIPS WISATA ALAM GREEN CANYON

Oleh : WOWmin

Green Canyon

Wisata Alam Jawa Barat

SobatWOW ada yang berencana berkunjung ke object wisata Green Canyon dalam waktu dekat ini? Apa sih Green Canyon itu? Apa yang di amrik itu? Pasti timbul pertanyaan disanubari tentang tempat wisata alam kece satu ini, iya kan?

Green Canyon yang ini adanya di Jawa Barat. Tepatnya di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Ciamis 31 km dari kota Pangandaran.

Masyarakat sekitar lebih mengenal dengan sebutan Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. Karena lembah dan tebing dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan masyarakat lokal untuk menuju kebun dan ladang mereka.

Awal mula dinamai Green Canyon adalah oleh turis asal Perancis pada tahun 1993 karena airnya yang jernih kehijauan dan lumut hijau disisi tebing tanah.

Nih ada sedikit saran dari WOWmin nih buat kalian yang mau meng-eksplore kawasan wisata Green Canyon alias Cukang Taneuh biar makin enak dan nyaman disana. Simak dulu nih panduan perjalanan di bawah ini.

RUTE/ JALUR KE GREEN CANYON DARI JAKARTA

Green Canyon atau oleh warga sekitar sering juga disebut Cukang Taneuh berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 31 km dari kota Pangandaran.

Dari semua daerah di Indonesia bisa langsung menuju Bandung dengan jalur darat maupun udara.

Kalo kamu berangkat dari Jakarta pakai mobil, jalur paling mudah yaitu melalui Bandung menuju Tasikmalaya.

Dari Tasik, ada dua jalur yang dapat ditempuh, yakni lewat jalur timur dan jalur selatan.

Jalur timur kamu bisa melalui jalur Kota Tasik – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi lalu masuk ke Cijulang. Jalur ini mempunyai jarak kurang lebih 170 km.

Jalur ke-2 yaitu jalur selatan melalui Kota TasiK – Cipatujah – Cikalong – Cimanuk lalu masuk wilayah Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.

Walau jaraknya lebih pendek jika lewat rute jalur selatan, tapi tidak dianjurkan buat kamu yang pengen cepat sampai ke Green Canyon. Kesibukan hilir mudik truk pengangkut pasir besi di jalur itu menyebabkan jalur selatan rusak parah dan bisa bikin perjalanan lebih lama.

WAKTU YANG TEPAT KE GREEN CANYON

Kalo kamu tidak mau mengantre jangan datang pas waktu weekend. Karena pada akhir pekan jumlah pengunjung cukup banyak dan tentu akan sangat rame. Tapi kalo waktu liburan kamu cuma ada di akhir pekan dianjurkan untuk datang lebih pagi.

Green Canyon buka dari jam 07.30 sampai 17.00 WIB. Khusus hari Jum’at, dibuka pukul 13.00 setelah shalat Jum’at. Sebaiknya jangan datang pas waktu musim hujan. Karena kemungkinan besar Green Canyon ditutup sebab debit air yang meningkat. Saat paling baik buat wisata alam di Green Canyon yaitu pada waktu musim kemarau, karena air sungai bakal berwarna hijau jernih serta lebih tenang.

APA SAJA KEGIATAN DI GREEN CANYON?

Body Rafting

http://mypangandaran.com

Dari mulai perjalanan menyusuri sejuk dan ademnya sungai yang bikin kamu relaks, sampai aktivitas ekstrem bisa kamu coba. Asyiknya perjalanan jalur sungai ini adalah bonus pemandangan sepanjang sungai dengan satwanya dan juga air terjun yang turun dari sisi tebing.

Di jaman sekarang kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah jeprat jepret foto. Selfie di alam yang instagramable tentu wajib dilakukan, jadi jangan lupa bawa kamera terbaik kamu dan jangan lupa casing waterproof nya yah.

Saat kamu sampai di lokasi area goa, kamu bisa jalan-jalan menyusuri goa sambil menikmati stalaktit dan stalagmit. Kalo mau yang lebih menantang, kamu bisa mencoba terjun dari ketinggian 5 meter dan meluncur ke sungai yang jernih dan segar, atau bisa juga mencoba panjat tebing.

Kegiatan di Green Canyon yang paling favorit adalah body rafting. Harga paket body rafting sekitar Rp 99.000 per orang minimal satu rombongan 20 orang. Body Rafting tak kalah ekstremnya, dengan menyusuri jeram-jeram sungai, berenang di air yang jernih ditambah lompat dari tebing setinggi 9 meter.

BACA JUGA : Tips Liburan Murah Hemat Dan Menyenangkan

BIAYA DAN TIKET GREEN CANYON

Siapkan uang yang cukup saat kamu berkunjung ke Green Canyon. Untuk mencapai Creen Canyon dari dermaga Ciseureuh butuh waktu 30 sampai 45 menit dengan ketinting atau perahu kayu dengan tarif Rp 250.000 kapasitas enam orang atau sekitar 42.000.an per orang. Kalo kesini lebih enak kalo bareng rombongan supaya biaya dapat lebih ringan. Berikut daftar biaya tiket di Green Canyon :

Tiket Semi Rafting
Tiket Paket Bronze
Tiket Paket Silver

TIPS WISATA DI GREEN CANYON

  • Siapkan baju ganti

Baiknya siapkan pakaian ganti karena kita akan basah basahan disana. Aktivitas paling menyenangkan adalah main air sampai menggigil dan telapak tangan mengkerut hehehe…

  • Bawa kamera dan casing waterproof

Janganlah lupa membawa kamera tahan air untuk mengabadikan kegiatan kamu di sungai. Selain itu juga bawa tas tahan air untuk menyimpan barang elektronik.

  • Bekal Makanan dan Minuman

Bawa bekal makanan dan minuman,karena pusat kegiatan jauh dari penjual makanan yang hanya ada di pintu masuk.

  • Sandal Anti Selip

Pakai alas kaki anti selip supaya tidak kepleset karena batu licin. Coba pakai sandal gunung.

  • Janganlah cemas bila tak membawa pelampung atau life jacket, karena pengelola sudah menyediakan life jacket untuk kalian.

Demikian sedikit ulasan tentang wisata Green Canyon yang ada Ciamis. Persiapkan semua yang diperlukan agar kita nyaman dan bisa menikmati wisata tanpa kendala. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk SobatWOW terima kasih sudah menyimak. Pesan WOWmin, jangan lupa persiapkan fisik kamu sebelum berangkat dan yang paling penting JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN YAAHH…jaga alam kita !!

HAVE FUN SobatWOW…!!!