Bajigur Minuman Khas Jawa Barat

Bajigur adalah minuman khas Indonesia dari daerah Jawa Barat. Minuman ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor sebab minuman ini lebih enak bila diminum dalam keadaan hangat. Bajigur sering diminum pada sore hari apalagi di hari yang hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus dan kacang rebus.
bajigur
Satu lagi minuman tradisional khas Priangan yaitu Bajigur. Minuman yang di sajikan hangat ini disukai banyak orang serta mempunyai ciri khas orang-orang Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bikin minuman bajigur sebenarnya cukup gampang. Bahan utama pembuatannya yaitu gula aren (gula merah), serta santan. Untuk bahan tambahan bisa pula digabungkan sedikit jahe, garam, bubuk vanili, serta potongan roti yang diiris-iris seperti dadu.

bajigur bandung Penjual minuman tradisonal bajigur umum menjual dengan memakai gerobak dorong serta untuk pelengkapnya ditambahkan bermacam jenis makanan rebus. Bajigur paling pas diminum pada waktu cuaca dingin serta basah setelah hujan. Makanan yang kerap disajikan bersama bajigur yaitu pisang rebus, ubi rebus, bala-bala, comro atau kacang rebus.

Bikin sendiri bajigur tidaklah susah lantaran bahannya memanglah simpel serta gampang didapat di market sekitar kita. Untuk Anda yang mau coba sendiri bajigur bandung ini, berikut langkahnya :

Bahan Bajigur : 1 liter santan ; 150 gr gula merah (aren) yang disisir halus ; 50 gr jahe yang dibakar kupas, memarkan, 2 lembar daun pandan, 5 cm kayu manis dan 2 sendok teh kopi bubuk.

Langkah Membuat Bajigur : Rebus bahan bajigur yakni santan, jahe, daun pandan serta kayu manis sembari diaduk di atas api kecil hingga harum. Masukkan gula merah lalu aduk hingga gula larut. Saring serta hidangkan hangat. Dapat ditambahkan irisan kolang-kaling rebus atau irisan roti berupa dadu untuk menaikkan kenikmatan.

bajigur 2

itulah resep dan cara membuat salah satu minuman khas jawa barat yaitu Bajigur.Bila anda berkunjung ke kota Bandung ketika sedang musim hujan,anda patut mencoba minuman yang satu ini untuk menghangatkan kembali badan anda. Tapi klo mau ikin sendiri di rumah ya tentu bisa saja,tinggal ikuti resep diatas dijamin anda badan anda serasa lebih fresh dan hangat lagi.