Getuk Camilan Khas Jawa Tengah

 Getuk (bahasa Jawa : gethuk) yaitu makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk adalah makanan yang gampang ditemukan di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas lalu kukus atau perebusan, sesudah masak lalu ditumbuk atau dihaluskan lewat cara digiling lalu di beri pemanis gula serta pewarna makanan. Untuk penghidangan umumnya ditaburi dengan parutan buah kelapa.
Resep Cara Membuat Kue Getuk Lindri
Getuk di kenal ada dua jenis,

Getuk, pada waktu singkong yang telah masak pada saat suhu masih panas ditaburi potongan-potongan kecil gula jawa hingga berwarna coklat tak rata tumbukan getuk ini memiliki bentuk kasar.
Getuk lindri, yaitu dengan cara singkong masak digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan serta vanili serta kemudian dicetak kecil-kecil memanjang serta dirapatkan memanjang ini sama dengan mie sampai berbentuk memajang dengan ketebalan sekitar 2cm lebar 4cm, kemudian dipotong-potong berbentuk panjang kira-kira 5cm serta lebar 4cm

Getuk goreng yaitu penganan khas Sokaraja yang manis serta gurih, di buat dari singkong serta dibumbui gula kelapa. Getuk goreng ditemukan dengan cara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seseorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada waktu itu getuk yang di jual tak laku, hingga beliau mencari akal supaya getuk itu tetap dapat dikonsumsi. Lalu, getuk yg tidak habis di jual pada hari itu dia goreng serta di jual lagi. Nyatanya, makanan baru itu disukai oleh para konsumen.

Waktu ini getuk goreng bisa dengan gampang didapati di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk yang digoreng juga bukan hanya lagi getuk yg tidak laris di jual, melainkan sengaja di buat untuk digoreng.

getuk-lindri-keju

Macam macam getuk berdasarkan bahan pembuatnya:

  1. Getuk singkong,getuk yang terbuat dari bahan baku singkong
  2. Getuk ubi,getuk yang terbuat dari bahan baku ubi rambat
  3. Getuk talas,getuk yang terbuat dari bahan baku talas
  4. Getuk pisang,getuk yang terbuat dari bahan baku pisang

Sekarang ini Getuk begitu populer sebagai camilan yang sediakan di tempat tempat wisata di daerah jawa tengah dan jawa imur sebagai oleh oleh bagi wisatawan luar kota.