Papeda Ikan Kuah Kuning (Salah Satu Makanan Khas Papua)

Papeda Ikan Kuah Kuning , Satu diantara makanan khas Papua yaitu Papeda. Papeda atau dimaksud juga bubur sagu adalah makanan pokok orang-orang Papua. Tak hanya di Papua, papeda juga jadi makanan pokok di Maluku. Tetapi, makanan papeda lebih mewakili daerah Papua.

Papeda Ikan Kuah Kuning

ikan-kuah-kuning

Makanan khas Papeda Ikan Kuah Kuning ini terbuat dari tepung sagu. Umumnya, papeda ini di buat oleh masyarakat di pedalaman Papua. Hidangan papeda umumnya di sajikan dengan kuah ikan asam yang fresh serta menggugah selera. Ikan kuah asam yang di sajikan dalam mangkok dilengkapi dengan taburan daun kemangi. Rasa kuah didominasi rasa fresh dari tomat irislah serta lemon cui, bumbu rempah, ditambah gurihnya kaldu ikan.

Struktur Papeda Ikan Kuah Kuning yang kenyal digabungkan dengan daging ikan yang lembut serta cita rasa kuah yang fresh. Mmm, lezatnya demikian menggoyang lidah. Ikan yang dipakai untuk pendamping papeda dapat berbagai macam, dimulai dari ikan gabus, kakap merah, sampai ikan kue. Tetapi, bahan ikan yang paling pas untuk ikan kuah kuning yaitu ikan gabus.

Untuk pelengkap hidangan papeda kuah kuning, umumnya di sajikan dengan sayur ganemo bunga pepaya. Sayur ganemo bermakna daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya beserta cabai.

kunig

Sate ulat sagu adalah satu diantara warisan wisata kuliner khas Papua. Mendengar namanya saja telah terdengan ekstrem. Ya, sate ulat sagu ini terbuat dari ulat sagu yang kerap dikonsumsi oleh orang-orang Papua. Umumnya, ulat sagu ini dikonsumsi segera atau mungkin dengan langkah dibumbui serta dimasak umum. Tetapi, kreatifitas bikin ulat sagu bisa di proses jadi sate. Ya, sate ulat sagu jadi kreasi makanan khas Papua yang pantas untuk dicoba.

Ulat sagu datang dari pohon sagu yang telah ditebang atau rubuh dengan sendirinya. Ulat satu bakal nampak di batang pohon sagu itu sesudah batang pohon sagu itu membusuk. Bila pohon sagu sudah membusuk, bakal timbul ulat yang dimaksud ulat sagu. Untuk memperoleh ulat-ulat itu, batang pohon sagu itu mesti dibongkar.