Pepeda makanan khas maluku dan papua

Wicak bilang tepung sagu mungkin di jual di pasar atau mungkin sekali di hypermarket. Saya memang tidak sering memasak memakai tepung sagu. Saya lebih punya kebiasaan memakai tepung tapioka.
Papeda, Kuah Kuning, Ikan Tude Bakar 2
Struktur tepung sagu serta tepung tapioka nyaris sama perbedaanya hanya pada bahan pembuatnya. Tepung sagu terbuat dari pati pohon sagu sedang tepung tapioka atau kanji terbuat dari pati umbi ketela pohon.

Pohon sagu banyak tumbuh cuma di daerah Indonesia timur seperti Papua serta Maluku, produksi tepung sagu umumnya adalah produksi rumahan hingga tepung sagu susah di cari di market dibanding tepung tapioka.

Karena struktur serta kegunaanya yang sama, tepung sagu kerapkali digantikan dengan tepung tapioka. Contohnya dalam pembuatan bakso dan sebagainya. Namun untuk bikin makanan khas Papua serta Maluku kelihatannya lebih pas memakai tepung sagu. lebih otentik! : mrgreen :

Papeda adalah satu diantara makanan pokok, tak hanya nasi, dari kepulauan sisi timur Indonesia. Makanan khas yang terbuat dari tepung sagu ini terdapat nyaris di semua daerah di Papua serta Maluku.

Papeda

Bahan :

100 gr tepung sagu
1000 cc air
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula

Langkah membuat :

Cairkan tepung sagu dengan 300 ml air
Tambahkan garam serta gula
Didihkan sisa air
Tuangkan air yang telah mendidih ke dalam larutan tepung sagu, aduk perlahan-lahan hingga sagu matang merata
Papeda dikatakan sudah matang bila telah berwarna bening bila masih belum rata matangnya adonan dapat dimasak diatas api kecil sembari selalu diaduk
Bila telah bening angkat serta hidangkan hangat
papeda-set
Mengonsumsi papeda memanglah tidak gampang untuk yang tidak biasa, dari sisi rasa serta struktur. Menyendok papeda dari piring itu cukup susah karena lengket serta licin. Pakai langkah yang Anda anggap lebih mudah untuk memakannya. Dengan sendok bisa, langsung dengan tangan tidak ada yang melarang : mrgreen :

Papeda  nan lengket ini enak disantap berbarengan kuah kuning walaupun saya juga suka mencampurkan demikian saja karena sudah gurih.

Kuah kuning sendiri adalah kekayaan kuliner Indonesia yang lain dari Indonesia sisi Timur. Terbuat dari ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit, jahe dan sebagainya serta di nikmati dengan menambahkan daun kemangi, jeruk nipis serta cabe rawit, kuah kuning benar-benar sangat sanga benar-benar fresh serta enak! Nyam nyam..